Lihat ke Halaman Asli

Antonius Eko Harsiyanto

suka nonton dan dengar musik

Lagu Keren 90-an, "Lemon Tree" Fool's Garden

Diperbarui: 10 Desember 2023   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fool's Garden (foto: koleksi pribadi)

Pertama dengar "Lemon Tree" kok kayak lagu lucu-lucuan. Coba aja dengar bagian intronya. Ini band serius nggak sih bikin lagu? Penasaran apakah semua lagunya kayak gini, saya sampai bela-belain beli kasetnya.

Ternyata ada lagu yang keras kayak "The Seal". Di lagu ini suara sang vokalis Peter Fredenthaler powerfull banget, sementara permainan gitar Volker Hinkel meraung-raung ganas. Lagu "The Tocsin" kebalikannya, dibuka dengan permainan piano yang lembut banget. "Pieces" juga lumayan tapi lagu yang paling enak "Meanwhile". Enak menurut saya bisa bikin badan goyang-goyang sementara kepala ngangguk-ngangguk.

Memang harus diakui "Lemon Tree' jadi lagu yang paling ngetop di album "Dish of the Day". Lagu yang dirilis November 1995 ini jadi nomor satu di Jerman, Austria, Islandia, Irlandia, Norwegia dan Swedia. Di Indonesia juga sering banget di putar di radio. Anak saya juga tahu lagu ini gara-gara muncuk di Tik Tok.

Band Jeman ini dibentuk Peter Freudenthaler dan Volker Hinkel yang ketemuan di tempat parkir setelah ngobrol macam-macm mereka tukeran kaset yang isinya lagu yang mereka buat sendiri-sendiri. Volker sudah punya beberapa lagu bersama band lamanya Magazine. Ada kecocokan Peter diajak gabung ke Magazine.

Studio pertama adalah di ruang tamu rumah ortunya Volker setelah itu pindah ke atap.  Mereka baru berhenti latihan atau rekaman karena hujan atau diteriakin sama bokapnya Volker yang nggak bisa tidur karena suara berisik. Mereka memutuskan menyewa rumah agar bisa bebas latihan dan bikin lagu.

Sejak awal mereka sudah bikin lagu "Lemon Tree" tapi kok rasanya ada aja yang kurang sehingga perlu waktu hingga dua tahun untuk menyempurnakan lagu itu. Setelah dirapihin akhirnya lagu itu masuk di album ketiga "Dish of the Day" yang keluar tahun 1995.

Peter sangat mensyukuri kesuksesan "Lemon Tree". Dia nggak masalah lagunya itu disebut sebagai one hit wonders, menurutnya lebih baik punya satu lagu yang ngetop daripada nggak punya sama sekali. Lagu ini membuka banyak kesempatan baginya merasakan hal-hal baru misalnya konser di luar Jerman dan luar Eropa sampai ke Amerika Serikat dan China.

Peter juga cerita kalo lagu ini ngetop banget di Republik Ceko. Saat itu tim hoki es-nya baru menjadi juara Eropa untuk pertama kalinya tahun 1996. Setiap sebelum bertanding mereka selalu memutar "Lemon Tree" yang jadi kayak lagu kebangsaan negara itu.

Sementara Volker ngerasa jadi kayak rock star yang dikejar-kejar penggemarnya minta tanda tangan dan foto bareng. Pernah dia harus lari-lari menyelamatkan diri saat dikepung fansnya yang rata-rata masih muda di sebuah pusat perbelanjaan. Volker mengaku pernah wawancara radio sampai 300 kali dalam tiga minggu.

Namun kesuksesan tidak membuat personel Fools Garden lupa diri. Mereka masih berusaha bertemu dengan penggemar sebelum dan setelah konser untuk ngobrol sebentar, memberi tanda tangan dan foto bersama. Peter sangat menghargai penonton yang sudah menggeluarkan uang dan datang dari jauh ke tempat konser.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline