Lihat ke Halaman Asli

Rivaldi Cahya Nugraha

Universitas Negeri Semarang

UNNES Giat 5 Melakukan Pelatihan Desain Grafis Canva Bertemakan Kepancasilaan di Desa Semen

Diperbarui: 1 Agustus 2023   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Senin, 31 Juli 2023 mahasiswa Unnes Giat 5 mengadakan Pelatihan Pembuatan Poster bertemakan "Desa Penggerak Pancasila" yang berbasis Aplikasi Canva. Kegiatan ini bertempat di Dusun Temu, Desa Semen, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Peserta dari kegiatan ini diikuti oleh remaja Karang Taruna. Rahma selaku ketua koordinator acara mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut diadakan sebagai sarana edukasi pada remaja, untuk meningkatkan kreativitas dan meningkatkan jiwa Kepancasilaan. "Dengan membuat poster bertema Desa Penggerak Pancasila, diharapkan meningkatkan jiwa Kepancasilaan kaum muda dan kreativitas dalam penggunaan aplikasi Canva". Kegiatan ini bertujuan mempertahankan eksistensi Pancasila dan benteng karakter bangsa pada generasi muda.

Dengan teknologi media komunikasi yang berkembang sangat cepat, cara berkomunikasi pun ikut berubah dengan berbagai bentuk kreativitasnya, khususnya dalam dunia desain dan kreativitas. Jika ingin memiliki design yang berkualitas namun tidak memiliki cukup skill untuk menggunakan Corel Draw, Illustrator atau Adobe Photoshop maka Canva adalah solusinya. Canva menjadi aplikasi alternatif bagi pemula karena mudah digunakan.

Canva adalah program Design Online yang menyediakan berbagai tools atau alat editing untuk membuat berbagai desain grafis seperti poster, flyer, infografik, banner, card invitation, presentation, cover, dan lainnya. Tidak hanya itu, ada pula alat editing untuk foto, diantaranya ada photo editor, photo filters, photo frame, stickers, icon, dan desain grids. Di dalam aplikasi juga terdapat fitur gratis sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan segala macam desain yang dikreasikan oleh pengguna.

Kegiatan pelatihan dimulai dengan memperkenalkan aplikasi Canva. Kemudian memberikan pemahaman kepada mereka tentang kelebihan dan kekurangan aplikasi Canva, mempelajari berbagai fitur yang dapat digunakan, serta langkah-langkah dasar cara penggunaannya. Tidak lupa kami juga menjelaskan terkait makna Desa Penggerak Pancasila yang menjadi tema pada pelatihan hari ini. Dengan memberikan contoh poster bertema "Desa Penggerak Pancasila" dan mempraktekkan secara langsung dengan menggunakan fitur-fitur di dalam Canva.

Selanjutnya, kami mempersilahkan remaja Karang Taruna mempraktekkan secara langsung pembuatan poster di aplikasi Canva. Hal tersebut, melatih keterampilan dasar dalam mendesain dan mampu menciptakan ide sesuai kreativitasnya masing-masing sesuai dengan tema "Desa Penggerak Pancasila". Dengan dibantu oleh mahasiswa UNNEST GIAT 5, para remaja Karang Taruna antusias dalam mempraktekkan pembuatan poster berbasis Canva secara langsung. Kami juga membantu menjelaskan terkait tema yang digunakan dan memberikan pemahaman mengenai Desa Penggerak Pancasila.

Diakhir kegiatan, kami mengadakan perlombaan poster dan foto kreatif yang bertema "Desa Penggerak Pancasila". Kegiatan ini akan berlangsung pada 1 Agustus - 04 Agustus 2023 dengan ketentuan menggunakan aplikasi Canva, bertema "Desa Penggerak Pancasila, dan hasil karya di upload di Instagram kemudian mention Instagram Giat Unnes 5 Desa Semen. Perlombaan ini akan diumumkan pada tanggal 6 Agustus 2023.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline