Memanusiakan Manusia
Oleh : Moh. Rivaldi Abdul.
Pendidikan adalah usahah untuk membantu manusia menjadi manusia. Demikianlah pandangan tujuan pendidikan secara umum, bahwa pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia. Manusia perlu dibantu agar dia bisa berhasil menjadi manusia. Karena manusia itu adalah sifat. Banyak manusia yang bukan manusia. Karena salah satu pertanda manusia adalah dengan dia berpikir. Sebagaima kata Rene Deskartes bahwa "Aku berpikir, maka akupun ada".
Dalam bukunya Quraish Shihab yang berjudul "Yang Hilang dari Kita Akhlak", beliau mengutip perkataan Socrates yang menyatakan bahwa manusia tidak dapat hidup dengan wajar, kecuali jika ia dapat menerapkan secara nyata apa yang termaktub pada tempat pemujaan di pulau Delphi yang menyatakan : "ketahuilah dirimu dengan dirimu". Ya, kenalilah dirimu lewat dirimu, maksudnya coba pikirkanlah, benarkah kita ini manusia? Lalu apa buktinya sehingga kita ini disebut manusia?
Maka ada yang berkata salah satu tanda manusia sebab mempunyai akal. Lalu apakah pertanda seseorang itu mempunyai akal? Tanda manusia mempunyai akal adalah ketika dia menggunakan akal itu (berpikir). Ketika melihat suatu hal yang terjadi maka manusia akan menggunakan akalnya dan berpikir baikkah atau burukkah.
Kata Buya Hamka bahwa, "manusia itu sejenis hewan juga, tetapi Tuhan memberikan kelebihannya dengan akal. Orang yang berakal, luas pandangannya kepada sesuatu yang menyakiti atau menyenangkan. Pandai memilih perkara yang memberi manfaat dan menjauhi yang akan menyakiti. Dia memilih mana yang lebih kekal walaupun sulit jalannya daripada yang mudah didapat padahal rapuh. Sebab itu mereka pandang keutamaan akhirat, lebih daripada keutamaan dunia."
Lanjut Buya Hamka bahwa, "Kemanusiaan tidak ada pada yang lain, hanyalah ada pada manusia. Maka sekedar usaha manusia memperhalus perangai itu, sekedar itu pulalah tingkatan derajat kemanusiaannya, sehingga ada yang naik tingkatnya, membumbung tinggi, hampir mencapai derajat malaikat. Jika bertemu manusia yang demikian hanya rupanya yang rupa manusia, bentuk badannya dan wajahnya; adapun hatinya, jiwanya, sanubarinya, semuanya adalah hati sanubari dan jiwa malaikat.
Adapun pula, yang turun kebawah sekali, kederajat yang paling hina, sehingga menyerupai binatang, bahkan lebih hina daripada binatang. Hanya tubuhnya yang tubuh manusia. Hanya tanduk atau taringnya yang tidak ada, hanya kukunya yang tak panjang. Hanya kakinya yang tak berjalan empat dengan tangannya; bahkan lebih berbahaya dari binatang. Sebab cerdik manusia ada padanya, padahal tipu dayanya tertiru oleh binatang sendiri. Dan ada pula yang pertengahan. Itulah sebabnya maka dikatakan orang bahwa kemanusiaan si anu lebih daripada kemanusiaan si fulan. Jadi teranglah ukuran perangai kemanusiaan itu ialah ukuran perangai terpuji atau tercela."
Maka untuk menjadi manusia yang benar-benar manusia, tidak hanya tubuh saja yang merupakan tubuh manusia. Namun juga haruslah kita memiliki nilai (sifat) kemanusiaan. Dan dalam upaya menumbuhkan sifat kemanusiaan ini pendidikan memiliki peran yang amat penting. Karena tujuan pendidikan adalah untuk membantu manusia menjadi manusia.
Oleh karenanya pendidikan tidak hanya cukup sekedar transfer pengetahuan saja. Karena kalau hanya sekedar transfer pengetahuan itu belumlah pendidikan, tapi masih sekedar pengajaran. Kata Buya Hamka, bahwa:
"Pendidikan dan pengajaran tidak sama. Banyak terdapat sekolah-sekolah yang mengajarkan agama, tetapi tidak mendidik agama. Maka keluar pulalah anak-anak muda yang alim ulama, bahasa Arabnya seperti air mengalir, tetapi budinya rendah. Sama sajalah sekolah macam ini dengan sekolah-sekolah yang tidak mengajarkan, pun tidak mendidik agama."