Lihat ke Halaman Asli

Model Komunikasi Capres-Cawapres 01 pada Saat Berkampanye

Diperbarui: 16 Januari 2024   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama                                  : Achmad Rivaldi

NPM                                    : 23010400162

Mata Kuliah                     : Ilmu Komunikasi

Dosen Pengampu          : Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si.

Prodi                                   : Ilmu Komunikasi

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia untuk menjalin hubungan satu sama lain. Maka dari itu ilmu komunikasi sangatlah signifikan untuk dipelajari secara komprehensif, ilmu komunikasi mempunyai beberapa model yang berbeda-beda. Dengan demikian penulis akan mendiskripsikan salah satu dari macam-macam model yang ada. 

Menurut Rogers dan Storey, bahwa kampanye adalah serangkaian kegiatan komunikasi yang terorganisasi dengan tujuan untuk menciptakan suatu akibat tertentu terhadap sasaran secara berkelanjutan dalam periode tertentu ( Ruslan, 2008, hal 23). International Freedom of expression Exchange (IFEX), mendefinisikan bahwa kampanye adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan-tujuan praktis yang mengejar perubahan sosial publik dan semua aktifitas kampanye memiliki dampak untuk mempengaruhi dengan mengharapkan komunikasi dua arah. Pembuat keputusan pun mempunyai dua pilihan, yaitu : pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung yakni melalui saluran media tertentu yang membentuk pendapat umum lalu memberikan dukungan terhadap kegiatan kampanye tersebut (Liliweri, 2011, 699-700). 

Menjelang pemilu tahun 2024 ini, setiap capres dan  cawapres berlomba-lomba untuk mencari suara masyarakat atas kemenangannya dalam konstestasi pesta demokrasi. Kita lihat setiap paslon mempunyai model dan cara yang berbeda-beda dalam berkampanye.

Dalam masa pemilu, kampanye merupakan salah satu rangkaian acara dari KPU, dimulai dari tanggal 28 November 2023 sampai tanggal 10 Februari 2024. di masa ini setiap capres dan cawapres memanfaatkan waktunya untuk berkampanye.

Tak terkecuali paslon capres-cawapres 01 yang mempunyai model kampanye yang menarik dan strategis untuk mencari perhatian terhadap publik. Di era kemudahan tekhnologi informasi dan komunikasi ini, paslon capres-cawapres 01 memanfaatkannya dengan cara berkampanye melalui media sosial diantaranya seperti facebook, instagram, twiter, tiktok dan lain-lain. Ada beberapa komunikasi yang dilakukan dalam setiap agenda kampenyenya, antara lain :  

# Desak Anis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline