Lihat ke Halaman Asli

Ritchie Ramadhan

Keterangan Profil

Video 360, pop, hot and hits.

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1433301471369295013

Beberapa hari lalu saat sedang asyik melihat artikel berita tentang lionel messi karna katanya pelatih tim lawannya kesulitan untuk menghentikan pemain satu ini saya pun tergerak untuk melihat di youtube seperti apa kehebatan messi bermain, dan ternyata memang hebat, dengan mudah dia melewati lima pemain dan sukses membuat gol, karna jujur saya tidak begitu suka dengan bola, ya biasa-biasa aja.

Tapi setelah klip tiga menit itu selesai, saya tertarik dengan kategori youtube yang baru saya lihat yaitu Interactive & 360° Music Videos , ya 360, lagi.. oh bukan, bukan 360 yang anak-anak muda sukai buat foto diri sendiri itu, tapi ini memang kategori video yang bisa memperlihatkan 360 derajat sudut yang bisa dilihat secara nyata oleh kita sebagai penonton. Kita tinggal menggerakan kursor atau menyentuh layar gadget di area video tersebut ke kanan, ke kiri atau ke atas dan kebawah, dan maka keseluruhan area gambar yang kita inginkan terlihat.

Memang secara simple biasanyaa disajikan dengan istilah gambar panorama untuk pengalaman seperti ini, tetapi saat ini kita bisa menikmatinya dengan mudah dan dengan rasa pop, hot dan hits.

Mengapa pop ?

Sebetulnya ini bukan teknologi lama, sejak lama orang membuat panorama dengan metode kolase, menyusun foto single frame, dan merangkainya,  teknologi makin maju, kemudian di ciptakan kamera yang secara hardware dan software kita bisa menangkap dan merekam gambar dengan sudut 360 derajat, tidak sampai disitu, menampilkan hasil rekaman tadi untuk disajikan kepada orang banyak adalah bukan persoalan mudah, perlu beberapa teknologi pendukung, yang saat ini dengan mudah kita bisa akses melalui PC, laptop, tablet dan gadget.

tahun 2000 an seingat saya kita bisa membuat satu program yang dapat memuat program tampilan gambar dengan sudut 360 derajat secara interaktif dengan software macomedia director yang kemudian menjadi adobe director,  dan juga hilang yang kemudian beberapa teknologi director terdapat di adobe flash saat ini. Tampilan menawan 360 derajat tahun 2000-an memang masih ekslusif bisa kita dapati dan hanya dengan script tertentu bisa ditampilkan.

Saat ini dengan didukung oleh perkembangan internet, script, dan kapasitas bandwith yang semakin baik, tampilan menawan 360 derajat terutama video dapat ditampilkan dengan dukungan html dan beberapa script yang disisipkan oleh youtube kepada platformya, beberapa sumber mengungkapkan dengan adanya html 5, youtube hanya memperbaharui script phyton nya. Dan hasilnya saat ini memang luar biasa, saat ini sedang terjadi perubahan trend dan mungkin akan menjadi budaya baru, dan kita sedang menyaksikan salah satu sejarah yang sedang terjadi pada dunia penyajian media.

1433301504759168960

Sebelum hadir kamera 360 derajat saat ini, pada masa lalu kamera dideretkan melingkar untuk dapat menghadirkar efek visual 360 derajat ke sisi dalam.

Saat ini dengan beragam perkembangan gadget dan teknologi juga komputer, salah satu nya youtube dengan sukses menghadirkan sesuatu yang sangat sulit dimasa lalu untuk dicapai dapat dengan mudah dijumpai, dirasakan dimana saja dan kapan saja tanpa harus menambah hardware tambahan dan atau script tambahan, yang diperlukan hanya browser untuk mengakses youtube saja.

Beberapa Klip saya sertakan disini untuk memudahkan dan merasakan pengalaman yang saya ceritakan.

untuk hasil terbaik silahkan langsung kunjungi link dibawah ini

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline