Lihat ke Halaman Asli

Panji Prakoso, Industri Mobile Game Indonesia Haruslah Mendunia

Diperbarui: 23 Juni 2015   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Adalah Tinker Games yang merupakan studio mobile game developer di Bandung yang berdiri sejak November 2011. Di pimpin oleh Panji Prakoso, Tinker Games lebih memfokuskan diriuntuk menciptakan pengalaman baru melalui games dengan cerita menarik, tantangan yang unik dan gameplay seru.

Menurut Panji sekarang ini industri game di Indonesia baru saja dimulai. Banyak pemain baru bermunculan dan komunitasnya pun termasuk aktif, selain itu studio game baru mulai bediri dan dengan gencarnya promosi dan publikasi banyak calon talent yang mulai tertarik di industri ini. Sehingga yang harus dilakukan adalah me-manage calon talent baru agar bisa memberikan warna baru mengenai industri game, tips dan trik serta pelatihan supaya mereka memiliki keahlian yang cukup dan siap terjun ke industri.

Saat ini industri game di Indonesia sudah perlahan bergerak ke arah yang lebih baik. Walaupun para industri game masih bermain di mobile dimana develop costnya tidak tinggi karena studio game di Indonesia masih belum bisa disandingkan dengan studio game besar di Jepang. Sehingga menurutnya studio game di Indonesia masih akan bermain di mobile terutama iOS, Android dan Windows Phone. Walaupun begitu dalam industri mobile game apapun bisa terjadi. Karena yang terpenting adalah membuat game yang memiliki gameplay asik, adiktif dan gencar melakukan promosi.

Untuk itu Panji optimis bahwa kedepannya akan banyak bermunculan mobile game developer lokal yang siap bersaing di mancanegara. Untuk Tinker Games sendiri saat ini sudah memiliki mobile game yang mendunia diantara nya INheritage boundary of Existence yang telah diunduh 3.524 kali dan penggunanya sebanyak 40 persena berasal dari Amerika Serikat. Selain itu lebih dari 10 mobile game yang sudah mereka buat diantaranya adalah Paws!! Cat Attack dan Pig Rider.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline