Lihat ke Halaman Asli

Rita Nofianti

Dosen Tetap

Pertumbuhan & Perkembangan AUD di PAUD Harapan Ummat Kecamatan Medan Polonia

Diperbarui: 24 Agustus 2024   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan inovasi terbaru dari Kemendikbudristek serta suah berlaku sejak akhir Januari Pada tahun 2020. Penerapan MBKM ini merupakan system yang harapanya dapat menciptakan lulusan dari perguruan tinggi yang berkualitas. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini pada Fakultas Agama Islam dan Humaniora di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, mendapatkan kesempatan melakukan MBKM Pada program Asistensi Mengajar, di PAUD Harapan Ummat Kecamatan Medan Polonia. PAUD Harapan Ummat telah menjalin kerja sama dengan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dengan tujuan untuk memberikan pegalaman secara langsung bersentuhan dengan lembaga PAUD kepada mahasiswa dalam kegiatan mengajar.

MBKM Program asistensi mengajar berjalan dengan lancar sesuai dengan Standar Opersional dalam melakukan MBKM pada program asistensi mengajar. Dengan dosen pembibing Rita Nofianti, S.Pd., M.Pd. beliau berpendapat bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang Pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di sekolah / di lembaga PAUD dan memperoleh pemahaman tentang administrasi lembaga, manajemen lembaga dan cara peserta belajar, berfikir serta mengemukkan pendapat pada usia dini sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yaitu peningkatan ukuran dan struktur. Sedangkan perkembangan berkaitan dengan perubahan kualitatif dan kuantitatif, yakni perubahan perubahan psikofisis yang merupakan hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi yang bersifat psikis dan fisik pada anak usia dini secara berkelanjutan. Kaitanya dengan deteksi tumbuh kembang anak usia dini mengacu pada studi tentang bagaimana mendeteksi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sesuai dengan tahap usia nya. Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini didukung oleh factor keturunan dan factor lingkungan keluarga melalui proses maturation, learning dan detection. Dengan melakukan proses tersebut pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berkembang dengan baik, sehingga anak usia dini menjadi anak yang sehat, cerdas dan bahagia sesuai dengan dunia anak-anak usia dini.

Dengan memahami ilmu dasar Deteksi tumbuh kembang anak usia dini dari materi pembelajaran petumbuhan dan perkembangan anak dapat mengambangkan kemampuan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini serta pertumbuhan dan perkembangan akan memperluas kajian pada mata kuliah Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline