Lihat ke Halaman Asli

Pembiasaan Baik untuk Pembentukan Karakter Anak Kelas 1 Sekolah Dasar

Diperbarui: 30 Juli 2022   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan karakter sangat penting diterapkan pada masa sekolah saat ini. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk karakter yang baik sebagai bekal anak tersebut dalam bersosialisasi baik dengan teman sebaya, guru, orang tua dan masyarakat. Dalam dunia pendidikan, pembentukan karater siswa yang baik, sebaiknya dilakukan sejak dini khususnya mulai dari jenjang sekolah Kelompok Bermain (KB), TK, dan SD. Pembentukan karakter sejak dini sangat menentukan sikap dan perilaku anak pada masa mendatang saat memasuki jenjang yang lebih tinggi dan saat memasuki dunia masyarakat.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai guru SD, saya akan mengangkat tema tentang pembiasaan baik untuk membentuk karakter Siswa Kelas 1 SD. Apa saja pembiasaan baik yang harus dilakukan untuk siswa kelas 1 SD untuk membentuk karakter yang baik? 

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter siswa yang baik melalui pembiasaan-pembiasaan  dimulai dari-hal-hal kecil namun berdampak besar di kemudian hari untuk anak tersebut. Hal-hal kecil tersebut sudah saya terapkan di dalam pembelajara yang saya lakukan mulai dari anak berangkat ke sekolah, proses pembelajaran di sekolah bahkan pembiasaan belajar di rumah.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu pembiasaan anak untuk bersarapan pagi, hal tersebut bertujuan agar anak lebih berkonsentrasi saat belajar dan agar anak tersebut menyadari arti penting kesehatan tubuhnya sendiri, serta anak tersebut dapat bertanggung jawab terhadap kebutuhan diri sendiri. Pembiasaan baik yang kedua yaitu menerapkan kebiasaan 6S atau singkatan dari "Senyum, Sapa, Salam, Salim, Sopan, Santun".  

Pembisaan 6S dilakukan mulai dari anak diantar oleh orang tua, ajak anak untuk terbiasa Senyum, kemudian menyapa guru-guru dan teman-teman di sekolah, kemudian biasakan anak untuk salim kepada orang tua sebelum anak masuk ke sekolah, serta anak salim kepada bapa ibu guru di sekolah dengan bersikap sopan dan santun. pembiasaan yang ketiga yaitu menerapkan kepada anak setiap kali melakukan sesuatu yaitu tentang tiga hal, mengucapkan kata "tolong" jika memerlukan bantuan, mengucapkan "terimakasih" jika sudah di bantu atau di tolong, kemudaian mengucapkan kata "maaf" jika sudah melakukan kesalahan, anak juga diberi pemahaman tentang hal baik apa aja jika kita melakukan hal tersebut dan jika kita tidak melakukan hal tersebut. 

Pembisaaan yang ke empat yaitu memberi pengertian kepada anak tentang hal-hal baik positif yang harus dilakukan di kelas ataupun di sekolah, seperti harus berbicara sopan, berteman baik dengan teman, mengerjakan tugas secara mandiri, saling berbagi dengan teman, dan lain sebaiagainya. Pemberian pengertian tersebut disertakan dengan hal yang akan didapat jika kita melakukan hal tersebut dan hal yang akan didapat jika kita melanggar hal tersebut. 

Usahakan dalam pemberian kebiasan baik kepada anak, dilakukan melalui hal-hal yang positif. Pembiasaan baik untuk membentuk karakter yang baik terakhir yaitu anak di beri pengertian untuk mengulas materi yang telah dipelajari disekolah agar anak menjadi lebih memahami materi yang telah didapat disekolah serta anak bisa belajar kembali jika ada materi yang belum dipelajari hal tersebut bisa didampingi olah orang tua dirumah. Oleh karena itu peran orang tua pun di tuntut untuk terbentuknya karakter yang baik.

Pembiasaan-pembisaan baik yang dilakukan, secara tidak langsung anak akan terbentuk karakter yang baik pada anak, dan anak secara perlahan akan mengaplikasikan kebiasaan tersebut baik di sekolah, di rumah ataupun di dalam lingkup masyarakat. Hal tersebut juga tidak lepas dari pengawasan orang tua di rumah, sehingga peran orang tua pun di tuntut saat pengawasan anak di lingkungan rumah, karena sebagian besar kegiatan danak dalam sehari yaitu dilakukan di lingkungan rumah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline