Era Digitalisasi lahir dengan serangkaian fitur dan manfaat yang dihadirkannya. Berbagai kemudahan bisa didapatkan dengan menerapkan digitalisasi baik itu dalam keseharian individu maupun dalam operasional sebuah organisasi atau perusahaan. Digitalisasi adalah proses pengelolaan dokumen tercetak/printed document menjadi dokumen elektronik.
Digitalisasi dimaksud menjadi penggunaan teknologi digital untuk mengganti sebuah model bisnis dan menyediakan pendapatan baru serta peluang[1]peluang nilai yg mengahasilkan sebuah proses perpindahan ke usaha digital.
Digitalisasi merupakan penggunaan teknologi digital serta data-data yang telat terdigitisasi, untuk memengaruhi cara penyelesaian sebuah pekerjaan, mengubah cara interaksi perusahaan- pelanggan, dan menciptakan aliran pendapatan baru secara digital. Digitalisasi yg memiliki korelasi dengan teknologi modern berupa teknik untuk mengumpulkan, menyiapkan, memproses, menganalisis serta menyebarkan berita.
OJK menjelaskan layanan perbankan digital adalah layanan atau kegiatan perbankan dengan menggunakan sarana elektronik atau digital milik bank, dan/atau melalui media digital milik calon nasabah dan/atau nasabah bank, yang dilakukan secara mandiri.
Digitalisasi dan Informasi
Digitalisasi Informasi adalah proses mengubah berbagai informasi, kabar, atau berita dari format analog menjadi format digital sehingga lebih mudah untuk diproduksi, disimpan, dikelola, dan didistribusikan. Informasi yang digitalisasi dapat disajikan dalam bentuk teks, angka, audio, visual, yang berisi tentang ideologi, sosial, kesehatan dan bisnis. Peralatan yang digunakan adalah Komputer dan Telepon Seluler.
Dengan adanya digitalisasi informasi, berbagai informasi digital mulai tersedia di berbagai sumber sehingga masyarakat lebih mudah untuk menjangkaunya seperti dalam bentuk opac, e-journal, e-book,e-marketing dan sebagainya. Dengan adanya kemajuan teknologi yang menyebabkan perubahan informasi analog menjadi informasi digital, masyarakat lebih memilih menggunakan informasi digital dengan alasan :
1. Mudah untuk dicari, ditelusuri, diakses dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
2. Mudah untuk diproduksi, dikirim, diterima, disaring, diperbaharui berdasarkan kemampuan pengguna.
3. Format penulisan dan isi pesan yang dikirim sama dengan format penulisan dan isi pesan yang diterima.
4. Tidak terhambat oleh jarak yang jauh, perbedaan bahasa dan perbedaan waktu.