Lihat ke Halaman Asli

Rita Amalia

Blog mahasiswa

Tips Membangun Kerjasama antara Orang Tua dan Guru di Sekolah Inklusi

Diperbarui: 10 Juli 2021   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kerja sama merupakan usaha sadar yang dilakukan seseorang secara bersama oleh kedua belah pihak dalam rangka mencapai tujuan bersama (Arifiyanti, 2015). Sehingga dalam kegiatan kerjasama dibutuhkan kedua belah pihak yang memiliki tujuan yang sama, ketika menjalin kerjasama namun kedua belah pihak tidak seide atau memiliki tujuan yang berbeda maka akan terjadi masalah dalam hubungannya. 

Orang tua dan guru merupakan suatu peran yang sangat penting dalam mendukung perkembangan anak baik secara fisik maupun sosial. hubungan kerjasama yang dilakukan orang tua dan guru bertujuan untuk mengikuti sejauh mana perkembangan anak mereka di sekolah.

 Hal ini selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Blue-Banning dkk ia menyebutkan bahwa kerjasama yang efektif antara sekolah dan orang tua ditandai dengan keterlibatan keluarga dalam meraih tujuan bersama, yaitu untuk perkembangan optimal anak. 

Agar hubungan kerjasama terjalin dengan baik, orang tua harus menerima dukungan dari sekolah berupa pengetahuan dan sarana yang bisa mendorong orang tua untuk berpartisipasi penuh sebagai mitra kerja sekolah, dan pihak sekolah menerima masukan dari keluarga yang dapat mendukung mereka untuk mengajar dan memfasilitasi belajar anak secara lebih efektif. 

Keberhasilan anak ditentukan hubungan kerjasama yang baik dari orang tuanya dan guru disekolah. Karena dengan kerjasama guru dan orang tua yang saling pengertian dan bantu membantu akan meningkatkan prestasi belajar anak. Untuk menciptakan hal tersebut ada beberapa hal yang harus ditempuh guru dan orang tua, diantaranya adalah : 

1)Mengadakan pertemuan pada hari penerimaan siswa baru dan sekaligus membuat komitmen. 

2)Mengadakan surat menyurat antara orang tua dan guru. 

3)Adanya daftar nilai rapor 

4)Kunjungan guru ke rumah siswa atau sebaliknya. 

5)Mengadakan perayaan, pesta sekolah atau pameran-pameran hasil kerja siswa. 

6)Mendirikan perkumpulan antara orang tua dan guru. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline