Lihat ke Halaman Asli

RITA MONITA

Jurnalis

Peluang Bisnis Digital Eddy Cahyadi di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 17 Agustus 2020   06:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Eddy Cahyadi - @thehermit19

Eddy Cahyadi adalah seorang digital entrepreneur yang sudah malang melintang di dunia bisnis online sejak tahun 2014. Berbagai bisnis telah dijalaninya di dunia digital, mulai dari online shopendorsement, dan juga pelatihan marketing secara online. Ini membuat dirinya memiliki segudang pengalaman dalam bisnis digital.


Pria lulusan Hult International Business School London ini sudah dikenal sebagai blogger dan pengusaha online shop yang piawai. Eddy memulai bisnisnya dengan berjualan skin care dan parfum dengan menggunakan platform Instagram.

Merasa bisnis online menggiurkan, dia mulai mengekpansi bisnisnya ke produk-produk lain, seperti jualan case hp dan produk-produk berbahan kulit, seperti sarung kamera. Pada usianya 25 tahun, ia sudah menjadi seseorang pengusaha online yang sukses, dan cerita suksesnya diangkat oleh LINE Corp pada tahun 2016 silam.

Merasa tidak cukup, ia juga melebarkan sayapnya di dunia blogger saat itu di platform media sosial dengan akun bernama @prestigeholics. Di tahun 2018, pria kelahiran Pontianak ini telah memiliki lebih dari 9 juta followers dan banyak mendapatkan penghasilan dari paid promotion dan endorsement

Kegigihannya dalam dunia bisnis, telah membawanya ke tingkat yang lebih tinggi, seperti tawaran menulis buku, menjadi pembicara di berbagai universitas, dan juga memberikan kuliah online seputar pemasaran digital. "Saya tidak menyangka dulunya aku pengangguran, tapi berkat bisnis online di media sosial, aku bisa sampai sejauh ini dan dikenal banyak orang." ungkapnya.

Tahun 2020 adalah masa kelam dalam perekonomian, di mana virus COVID19 memporak-porandakan perekenomian di seluruh dunia. Di saat orang lain merasakan krisis dan mengalami  kesulitan dalam bisnis. dia tidak ambil pusing. Bahkan ia melihat ini sebagai peluang bisnis baru. Di saat itu, pria yang kerap dipanggil bang hermit itu mengembangkan akun Instagram pribadi miliknya @thehermit19 sebagai akun penyelenggara giveaway.

"Saya merasa ini adalah peluang baru dalam bisnis online, di mana masyarakat menginginkan suatu insentif di masa sulit seperti ini, dan nantinya mereka juga akan membantu para online shop yang mau menjadi sponsor hadiahnya. Keuntungan aku di sini adalah sebagai perantara untuk yang mengumpulkan uang untuk membeli hadiah giveaway. Selisih dari uang yang terkumpul dan biaya hadiah giveaway itu yang akan menjadi profit," sahutnya.

Ini menjadi tren bisnis digital yang cukup populer di masa COVID19, di mana semua influencer dan juga blogger yang memiliki jumlah followers yang banyak, memanfaatkan peluang ini untuk menjadi penyelenggara giveaway. "Ini adalah gebrakan baru dalam bisnis online di Indonesia," ujarnya.

Eddy berharap melalui dirinya menjadi penyelenggara giveaway, ia dapat membantu masyarakat dan juga mendorong aktivitas bisnis bagi online shop yang menjadi sponsor giveawaynya dalam membangun brand awareness dan presence di dunia bisnis terutama di media sosial.

"Saya berharap ke depannya, sebagai penyelenggara giveaway, nantinya saya dapat menstimulasi perekenomian di Indonesia di skala mikro karena ekonomi di tingkat mikro adalah penopang perekonomian bangsa," komentarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline