Lihat ke Halaman Asli

Tips Penempatan Iklan untuk Google Adsense

Diperbarui: 15 September 2023   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Google Ads

Setelah menggunakan AdSense selama beberapa waktu, Anda pasti mulai bertanya pada diri sendiri apakah ada yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penghasilan berbasis AdSense Anda. Namun sebelum Anda terus bereksperimen dengan pengaturan ini dan itu, Anda harus menyadari beberapa hal tentang penentuan posisi.

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah tidak ada posisi universal yang menjamin peningkatan penghasilan Anda. Meskipun demikian, bagian di atas tentang eksperimen dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah. Anda harus mencoba pengaturan sebanyak mungkin untuk menemukan solusi dengan manfaat terbesar.

Namun, tentu saja tempat-tempat tertentu biasanya berfungsi lebih baik dibandingkan tempat lain. Tentu saja, Google menyadari hal ini dan mereka menerbitkan "peta panas" tentang berapa banyak pendapatan yang dapat diperoleh dari iklan yang ditempatkan di bagian halaman tertentu kepada Anda. Bereksperimen sering kali merupakan cara terbaik untuk menemukan apa yang sesuai dengan pikiran bawah sadar audiens Anda.

Umumnya iklan yang paling menguntungkan ditempatkan di dalam konten utama, umumnya tepat di atasnya. Tapi ini sama sekali bukan aturan dan ada beberapa pengecualian. Satu pengecualian yang diketahui adalah memiliki situs berita atau sesuatu yang mirip dengan situs baru.

Jika ini kasus Anda, Anda akan sering mendapati bahwa Anda menghasilkan lebih banyak penghasilan dengan menempatkan iklan Anda di bagian bawah konten, tepat sebelum komentar dimulai. Hal ini karena ketika pengguna selesai membaca sebuah cerita, mereka memiliki momen singkat di mana mereka mencari hal lain untuk dilakukan. Dan iklan AdSense Anda dapat menawarkan sesuatu kepada mereka.

Selain itu, menempatkan iklan di sisi kiri laman Anda tampaknya berfungsi lebih baik hampir sepanjang waktu. Tentu saja hal ini logis karena teks umumnya ditulis dari kiri ke kanan (kecuali Anda berasal dari negara tertentu yang sebaliknya).

Orang-orang akan menyelesaikan kalimat dan mengembalikan pandangan mereka ke posisi kiri, yang berarti mereka memiliki peluang lebih tinggi untuk melihat iklan Anda.

Selain itu, ada lebih dari sekadar menempatkan iklan secara visual di tempat yang tepat. Jika Anda memiliki lebih dari satu iklan, Anda juga harus memikirkan lokasi iklan tersebut di dalam kode. Dan ada alasan yang sangat bagus untuk kekhawatiran ini.

AdSense mengisi iklan sesuai urutan yang ditemukan di sumbernya. Artinya, jika penambahan pertama yang Anda lakukan pada kode tidak menghasilkan pendapatan tertinggi, Anda mungkin akan segera kehilangan uang, alih-alih memperoleh lebih banyak.

Hal ini karena jika AdSense tidak mempunyai iklan lagi, AdSense akan menambah ruang Anda dengan iklan layanan masyarakat atau membiarkannya kosong sama sekali. Artinya, jika Anda kurang beruntung, lokasi Anda yang paling menguntungkan mungkin tidak memiliki iklan yang bagus sama sekali. Untuk menambah pendapatan Anda

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline