Lihat ke Halaman Asli

Apa itu Google PPC apakah Google PPC itu konten atau Pencarian

Diperbarui: 15 September 2023   08:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Foto Google PPC

Saat beriklan dengan bayar per klik, Google memberi pengiklan dua pilihan luas. Beriklan di hasil pencarian, beriklan di konten website atau memang banyak yang memilih melakukan keduanya. Beriklan di penelusuran berarti hasilnya ditampilkan di Google dalam penelusuran, dan di hasil penelusuran distributornya. Iklan konten Google berlaku untuk situs web yang memilih untuk memasukkan "Adsense" ke dalam situs web mereka. Seiring berkembangnya AdSense dengan pesat, AdSense kini dapat dilihat di jutaan halaman web di seluruh web. Namun, banyak pengiklan yang menghindari hal ini dan hanya beriklan di hasil pencarian.

Ada beberapa alasan untuk hal ini, dan yang pertama adalah kepercayaan. Hal ini disebabkan oleh situs-situs kecil, hingga kerajaan AdSense yang memilih untuk melakukan Penipuan Klik. Meskipun masalah ini terjadi dalam penelusuran, masalah ini kurang dominan. Mereka yang melakukan Penipuan Klik pada penelusuran adalah mereka yang mencoba melemahkan ROI pesaing. Dengan Adsense, hal yang sama berlaku, seiring dengan pemilik situs web yang mencoba meningkatkan pendapatannya menggunakan taktik serupa.

Alasan lain mengapa pemilik website memilih untuk memasarkan dengan konten adalah motivasi pembeli ketika dia berada di sebuah website. Seseorang yang berada di situs web berbeda, selain pengiklan, mungkin berada di sana karena alasan yang sangat berbeda. Misalnya sebuah situs web yang membahas kelemahan Adsense, sebenarnya akan menampilkan iklan untuk mereka yang menjual "Situs Web AdSense" misalnya. Orang mungkin mengkliknya, tetapi kemungkinan besar mereka tidak akan membeli setelah membaca ulasan negatif. Alasan lainnya mungkin karena orang di situs adsense sebenarnya sedang mencari palet warna apa yang terbaik untuk digunakan. Oleh karena itu, orang tersebut tidak akan menganggap iklan tersebut relevan, tetapi mungkin mengklik iklan tersebut tanpa peduli.

Website Adsense juga sering ditolak oleh pengiklan karena dirasa memerlukan lebih banyak administrasi. Memeriksa situs web untuk melihat seberapa relevan tawaran tersebut, dan mengedit tawarannya untuk memastikan tawaran tersebut tetap muncul di laman. Dengan kata lain, memiliki jaringan lebih dari 500 situs web, tentu saja merupakan tugas yang membosankan dan mahal. Meskipun demikian, banyak juga yang mendapati bahwa akun Adwords mereka menampilkan situs web, yang bahkan tampaknya tidak berusaha mendukung kata kunci mereka. Contoh yang sudah matang adalah mereka yang beriklan di bawah frasa hukum yang muncul di halaman "syarat dan ketentuan" dan "kebijakan privasi" situs web adsense.

Meskipun banyak yang menolak iklan konten, masih ada orang yang merasa iklan tersebut memberikan ROI yang serupa untuk penelusuran. Alasannya dapat dilihat dari fakta bahwa semakin banyak pengiklan yang hanya memilih penelusuran. Karena hal ini terjadi, pengiklan mempunyai persaingan yang lebih sedikit sehingga harga kata tersebut berkurang. Pengiklan juga mendapatkan ROI yang bagus dari situs web penerbit yang memutuskan untuk secara aktif mempromosikan layanan pengiklan dalam konten mereka. Contohnya bisa terlihat ketika seseorang sedang berdiskusi tentang jasa percetakan, dan sebenarnya langsung merekomendasikan jasa pengiklan tersebut. Ini merupakan langkah positif bagi penerbit dan pengiklan, serta cara yang baik bagi penerbit untuk maju. Meski begitu, penerbit tetap harus ingat, jangan terlalu kentara dalam melakukan hal ini, atau pembeli yang cerdas pasti akan memperhitungkan niat penerbit.

Alasan lain mengapa pengiklan memilih konten adalah untuk meningkatkan skalanya, namun hal ini juga dapat dilakukan di mesin pencari lainnya. Namun faktanya tetap ada bahwa mereka yang memilih periklanan konten harus memilih jaringan Google Adsense. Hal ini diatur jauh di atas Google dan lainnya yang setara, sementara jaringan penerbitnya yang unggul berarti pengiklan akan mendapatkan keuntungan karena dapat menyebarkan pesan mereka melalui beragam situs web.

Meskipun Adsense menjadi distributor konten PPC terbaik, namun tentu tidak bisa dibandingkan dengan pencarian pengiklan. Dalam pencarian, prospeknya lebih berkualitas, lebih teregulasi, dan lebih sedikit penipuan. Hal ini menyebabkan pengiklan secara konsisten memilih penelusuran dibandingkan konten. Meskipun demikian, pengiklan harus selalu menguji AdSense dan melihat apakah AdSense dapat memberikan ROI yang mereka cari. Beberapa pengiklan mengatakan bahwa konten memberikan keuntungan yang lebih baik bagi bisnis mereka dibandingkan penelusuran. Ini bervariasi, namun secara umum pencarian tetap menjadi Raja bagi pengiklan PPC.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline