Lihat ke Halaman Asli

Keganasan Drone dalam Peperangan Modern

Diperbarui: 18 Desember 2023   00:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penggunaan Drone dalam Peperangan Modern.

Drone merupakan teknologi mutakhir masa kini yang memiliki banyak fungsi dan kegunaan bagi kehidupan manusia. Pada dasarnya, drone merupakan prangkat pesawat tanpa awak yang dikendalikan menggunakan remot kontrol oleh seseorang dari jarak tertentu. Dengan kemampuan terbangnya, drone juga memiliki kamera untuk memantau maupun merekam dari ketinggian.

Dengan keunikan yang dimilikinya, drone banyak di minati oleh khalayak umum. Namun seiring berkembangnya zaman, drone memiliki fungsi yang lebih beragam dalam memudahkan pekerjaan. Tak terkecuali di medan peperangan, banyak negara yang mulai memproduksi drone dengan kegunaan beragam. Di medan pertempuran sendiri, drone sudah terbukti battle proven karena sudah banyak bukti yang tersebar di internet.

Hal itu karena drone memiliki banyak kelebihan di banding alutsista lainnya, seperti : Biaya produksi yang murah dan sangat terjangkau, dikendalikan dari jarak jauh sehingga meminimalisir jatuhnya korban, dapat membawa bahan peledak yang dapat membahayakan kendaraan lapis baja, kemampuan manuver dan pengintaian yang sangat baik.

Dalam peperangan modern, bisa kita lihat penggunaan drone sangatlah massive. Contohnya dalam perang Rusia melawan Ukraina, dalam peperangan tersebut dapat kita lihat kedua kubu Rusia ataupun Ukraina dalam melakukan penyerangan maupun pertahanan sama-sama mengandalkan drone. Rusia yang di dukung oleh drone buatan Iran sedangan Ukraina yang didukung negara-negara NATO saling berbalas serangan menggunakan drone kamikaze. 

Sudah banyak kendaraan kelas berat yang menjadi korban dari keganasan drone kamikaze di medan laga. Mulai dari Main Battle Tank Leopard, Abrams, T-14 Armata, maupun T-15 Armata. Tank-tank tersebut padahal diketahui memiliki repurtasi hebat dalam peperangan, namun di pertempuran Rusia Melawan Ukraina ini banyak dari Main Battle Tank tersebut kualahan menghadapi keganasan drone.

Bukan hanya kendaraan yang berada di darat, bahkan kapal sejenis speed boat maupun kapal perang pun tak luput dari keganasan drone. Dengan repurtasi drone yang sangat baik dalam medan perang, maka bisa di pastikan peperangan yang akan terjadi kedepannya akan banyak menggunaakan drone sebagai senjata menyerang ataupun pertahanannya. Untuk bisa dipastikan banyak negara yang akan memproduksi drone dalam jumlah banyak dengan keunggulannya masing-masing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline