Lihat ke Halaman Asli

Riswanda Himawan

Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Belajar Kelompok Daring: Efektif di Masa Pandemi

Diperbarui: 26 Juli 2021   23:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini mengakibatkan pembelajaran di sekolah, masih dilaksanakan secara daring. Guru sebagai fasilitator pembelajaran harus mampu mefasilitasi peserta ddik dalam pembelajaran yang menyenangkan dan juga mengedepankan ketercapaian tujuan pembelajaran. Selain itu, keefektifan pembelajaran daring menjadi tugas tersendiri bagi guru, agar materi-materi yang diajarakan kepada peserta didik dapat diterima dan berhasil seperti apa yang diharapkan. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah, mengajak peserta didik untuk belajar secara kelompok. Penrapan metodebelajar kelompok ini dapat dilakukan dengan cara, membagi peserta didik yang ada di kelas, ke dalam kelompok kecil. Misal, dalam kelas tersebut terdapat 20 siswa, berarti dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing-masing 5 siswa. Kemudian, guru mempersilakan peserta didik untuk membuat group WA dan bergabung di dalamnya. 

Saat pembelajaran dimulai, pada awal jam pembelajaran, guru mepersilakan peserta didik dalam group 1 untuk bergabung dalam google meet dan melaksanakan pembelajaran, setelah 15 menit berlangsung, ganti dengan kelompok berikutnya, dan lakukan hal yang sama sampai kelompok selesai. Cara ini dapat digunakan sebagai jembatan guru, untuk mecapai tujuan pembelajaran. Dengan pembelajaran kelompok, guru lebih mudah untuk memantau kondisi peserta didik dalam pembelajaran daring. Selain itu, ketercapaian tujuan pembelajaran juga dapat dicapai dengan maksimal. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline