Lihat ke Halaman Asli

Riswanda Himawan

Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Bangkitkan UMKM dengan Pemasaran Online

Diperbarui: 25 Juni 2021   04:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Gambar Pribadi

Pandemi Covid-19 yang terjadi dana belum mereda hingga saat ini, menyebabkan berbagai dampak di berbagai bidang, salah satunya yaitu bidang ekonomi. Di masa pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat ini, para pelaku UMKM sebagai pelaku di bidang ekonomi sangat merasakan dampak datangnya pandemi Covid-19. 

Berdasarkan hasil wawancara kami, bersama dengan para pelaku UMKM di desa Gilangharjo, ditemukan hasil bahwa pendapatan mereka di masa pandemi Covid-19, mengalami penurunan yang cukup signifikan. Di hari normal, biasanya para pelaku UMKM bisa menghasilkan kurang lebih 500.000/hari. Namun di masa pandemi seperti yang terjadi saat ii, pendapatan mereka hampir 50% mengalami penurunan. 

Berbagai macam strategi dilakukan, untuk menanggulangi permasalahan ini, salah satu strategi yang dilakukan oleh masyarakat pelaku UMKM adalah dengan melakukan penjualan secara daring atau Online. Para pelaku UMKM memanfaatkan berbagai macam aplikasi, yang dapat membantu mereka untuk membantu jalannya proses pemasaran. 

Aplikasi yang dapat mereka manfaatkan yaitu WA bisnis, Instagram, Facebook dan sebagainya. Tak, hanya itu, mereka juga bermitra dengan aplikasi Ojek Online untuk membantu pemasaran produk mereka. Hal ini dinilai sangat membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk yag mereka jual, mereka mengubah strategi yang awalnya dijemput, menjadi menjemput. Ha ini mereka lakukan agar usaha mereka tetap berjalan, dan membangkitkan semangat mereka dalam beriwausaha di masa pandemi. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline