Lihat ke Halaman Asli

Riati Sp

Sedang Belajar Menulis

Tips Mencari Kosan Murah yang Perlu Mahasiswa Baru Ketahui

Diperbarui: 11 Juli 2023   17:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kosan (Sumber gambar: Pixabay)

Sebagai mahasiswa baru yang berasal dari luar provinsi alias perantauan, dulu saya sempat kebingunan mencari kosan karna kurangnya informasi.

Kurangnya informasi membuat saya kebingunan yang akhirnya kena rayuan calo kosan dan ya mendapat kosan yang harganya 2 kali lipat dari kosan saya yang sekarang.  

Untungnya waktu itu saya ngekosnya berdua sama temen yang sama juga sedang kebingunan nyari kosan dan akhirnya kami memutuskan ngekos berdua. Jadi uang kosnya pun dibagi dua sehingga tidak terlalu berat.

Jujur kosan pertama saya itu kamarnya sempit apalagi untuk berdua, fasilitasnya juga gak lengkap padahal harganya lumayan mahal. Padahal setelah mencari tahu kosan yang lain, dengan harga yang sama udah dapet kosan yang fasilitasnya lengkap, kamarnya besar dan ada wifinya.

Dulu saya tidak punya media sosial seperti Instagram dan Twitter yang mana harusnya dapat saya gunakan untuk mencari informasi mengenai kosan.

Setelah setahun diperantauan barulah saya dapet kosan yang harganya lumayan murah, tempatnya aman dan nyaman. Saya pun akhirnya memutuskan untuk ngekos sendiri.

Untuk mencari kosan yang murah tapi nyaman dan aman, setidaknya ada 3 hal yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan media sosial sebaik mungkin

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah gunakan media sosial sebaik mungkin untuk mencari informasi soal kosan diperantauan.

Salah satu cara yang bisa lakukan adalah cari kakak tingkat di media sosial yang kuliah di Universitas yang sama dan kalau bisa cari yang satu jurusan. Nah kamu bisa minta informasi soal kosan dari beliau ini. Tapi dengan catatan harus sopan, diawali dengan perkanalkan diri terlebih dahulu baru kemudian sampaikan maksud kamu apa menghubungi dia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline