Lihat ke Halaman Asli

Rista Nurlita

Mahasiswa

Memanfaatkan Instagram dan Tiktok sebagai Media Promosi

Diperbarui: 8 April 2022   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sekarang teknologi sudah berkembang dengan pesat. Sehingga orang menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi melalui media sosial. Kini, banyak yang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Contohnya, seperti aplikasi Instagram dan Tiktok. 

Banyak orang yang memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai media promosi, seperti untuk berjualan, sebagai media belajar, mempromosikan sebuah karya, dan lain-lain.

Orang yang melakukan promosi adalah mereka yang memiliki produk atau karya yang ingin dikenalkan kepada masyarakat luas. Dengan begitu, mereka  mengharapkan sebuah apresiasi dan dukungan serta keuntungan dari orang yang melihat karya mereka. 

Misalnya, ketika orang yang memiliki usaha onlineshop mempromosikan barang dagangannya di media sosial, mereka akan mendapatkan keuntungan, yaitu peningkatan jumlah pembeli. 

Lalu, bagaimana caranya agar promosi yang kita lakukan mendapat keuntungan besar? Lakukan cara ini.

Saat ini, Instagram menyediakan fitur baru yaitu Reels. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk media promosi. Dengan menggunakan Reels, video kamu akan ditonton oleh banyak orang. Buatlah video semenarik mungkin dan tambahkan lagu yang sedang trend. 

Gunakan hastag yang selaras dengan video yang akan kamu unggah. Jangan lupa tambahkan hastag #fyp ketika memposting video, karena dengan menggunakan hastag itu video kamu akan masuk ke beranda orang lain.

Hal penting yang perlu diingat, perhatikan jam ketika ingin mengunggah video. Unggah videomu diwaktu, di mana orang banyak membuka sosial media. Kapan waktunya? Saat jam makan siang, yaitu pukul 11.00 WIB -- 13.00 WIB, sedangkan pada malam hari adalah pukul 19.00 WIB -- 21.00 WIB. Hari Rabu adalah hari yang memiliki respon tinggi.

Selain Reels Instagram, kamu juga bisa mengunggah videomu di aplikasi Tiktok. Sama seperti Instagram, kamu harus memperhatikan waktu saat mengunggah video. Waktu yang tepat untuk memposting konten di TikTok saat siang hari adalah saat pukul 11.00 WIB, sedangkan saat malam hari adalah pukul 20.00 -- 21.00 WIB.

Jika cara tersebut sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah sering melakukan promosi agar orang tertarik dengan apa yang kamu promosikan.

Penulis : Rista Nurlita 

Mahasiswa aktif Universitas Pamulang

Prodi Sastra Indonesia

Dosen : Dwi Septiani S.Hum., M.Pd.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline