Lihat ke Halaman Asli

Ris Sukarma

TERVERIFIKASI

Pensiunan PNS

Nemesis dan Nazaruddin

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Nemesis adalah bintang kembaran matahari, tapi keberadaanya masih berupa hipotesis, karena belum dapat ditemukan ujudnya. Pada mulanya dua orang ahli paleontologi, yaitu David M. Raupdan John Sepkoski, Jr. meneliti penyebab punahnya kehidupan di bumi yang terjadi secara berkala setiap 26 juta tahun sekali, yang diperkirakan karena adanya gangguan dalam sistem tatasurya. Laporan mereka dimuat dalam Jurnal Ilmiah tahun 1984. Para astronom kemudian meneliti kemungkinan adanya bintang kembaran matahari yang memiliki garis edar yang sangat lebar sehingga letaknya dari matahari selalu berubah-ubah.

Pada saat-saat tertentu garis edar Nemesis ini mengganggu keseimbangan awan Oort, tempat bersarangnya komet. Komet yang kemudian keluar dari kelompoknya akan mendekati garis edar bumi dan tertarik oleh gaya gravitasi bumi. Tabrakan antara komet dengan bumi inilah yang diperkirakan menjadi penyebab punahnya kehidupan di muka bumi. Karena terjadi secara berulang setiap 26 milyar tahun, maka para astronom memperkirakan adanya Nemesis, yang menjadi bintang kembaran matahari, yang sewaktu-waktu datang mendekati sistem tatasurya.

Nemesis, yang juga disebut “The Death Star”, atau “Bintang Kematian”, kehadirannya menjadi sesuatu yang sangat menakutkan, karena bisa mendatangkan bencana kepunahan di atas muka bumi. Memang 26 juta tahun adalah waktu yang sangat lama untuk ukuran kehidupan manusia. Nemesis sendiri saat ini letaknya diperkirakan 1,5 sampai 2,5 tahun cahaya dari bumi (kecepatan cahaya adalah 300.000 km/detik, satu tahun cahaya sama dengan kira-kira 9500 milyar km).

Jadi apa hubungannya dengan Nazaruddin? Berbeda dengan Nemesis yang belum diketahui keberadaannya, Nazaruddin sekarang sudah berhasil ditangkap di Kartagena, Kolumbia. Yang menarik, keberadaan Nazaruddin telah menjadi pertanyaan besar bagi banyak orang dalam tiga bulan terakhir ini. Dan kedatangan Nazaruddin boleh jadi menakutkan bagi beberapa orang yang mungkin terkait dengan kasus suap dan korupsi, dan akan menjadi bencana yang amat besar bagi yang bersangkutan.

Nemesis, yang namanya diambil dari dewi dalam mitologi Yunani kuno, konon dikenal sebagai dewi balas dendam (a goddess of revenge). Apakah ini juga cocok dengan Nazaruddin, yang dalam beberapa pernyataannya di media massa menyiratkan seolah-olah ingin melakukan balas dendam? Entahlah, waktu juga yang akan membuktikannya, sebagimana para astronom membuktikan keberadaan Nemesis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline