Lihat ke Halaman Asli

Rissa Nur Ayunda

MAHASISWA IAIN JEMBER

Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme dan Pemikiran Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 15 Mei 2020   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai filsafat pendidikan rekonstruksionisme beserta pemikiran tokoh-tokohnya.

A. Pengertian Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme

Aliran rekonstruksionisme adalah aliran yang ingin merombak susunan yang lama dengan susunan yang lebih modern. pelopor aliran ini yakni George Count dan Harold Rugg. Aliran ini secara bahasa berasal dari kata rekonstruksi yang berarti menyusun kembali.

Dalam filsafat pendidikan aliran rekonstruksionisme bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap masalah sosial sehingga diharapkan peserta didik dapat memecahkan masalah-masalah tersebut. kurikulum yang digunakan pada aliran ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

B. Pemikiran Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme

1. Caroline Pratt

ia berpendapat bahwa sekolah harus bisa menghasilkan manusia-manusia yang berpikir efektif dan bekerja konstruktif, menurutnya sekolah bisa menjadi pelopor perubahan masyarakat.

2. George Count

ia merupakan pendidik yang berasal dari Amerika, George Count menjadikan lembaga pendidikan sebagai rekonstruksi masyarakat.

3. Paulo Freire 

ia berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu proses untuk memanusiakan manusia. menurutnya pendidikan dapat memperbaiki paradigma masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline