Lihat ke Halaman Asli

Rissa Alifia

Mahasiswa

Bagaimana Seharusnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia yang Efektif?

Diperbarui: 17 Desember 2022   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari oleh semua pelajar di Indonesia. Salah satu alasannya yaitu karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Ketika kita dapat menguasai bahasa Inggris, maka kita dapat berkomunikasi dengan siapapun secara internasional, yang mana hal ini dapat membuka pintu bagi kita untuk "menjelajahi" dunia. Dalam proses pembelajarannya sendiri, ada beberapa tips efektif untuk meningkatkan minat pelajar dan tentu saja dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris. 

1. Belajar dengan praktik. Dalam belajar bahasa Inggris, ada beberapa kemampuan atau skill dasar yang dapat dilatih, yaitu speaking, listening, writing, reading skill. Untuk melatih speaking skill, pengajar memberikan tugas kepada pelajar seperti membuat video singkat yang berisi perkenalan atau biodata diri dan hobi, menceritakan tempat favorit, dll. Untuk mengasah listening skill, pelajar diberikan kesempatan untuk mendengarkan audio lalu diberikan pertanyaan mengenai isi audio tersebut. Untuk mengasah writing skill, pengajar memberikan tugas kepada pelajar untuk menuliskan sesuatu. Contohnya seperti yang saya lakukan sekarang, yaitu menulis artikel mengenai topik tertentu. Untuk mengasah reading skill, pengajar memberikan tugas kepada pelajar untuk membaca teks kemudian diberikan pertanyaan mengenai isi teks tersebut. Misalnya, menentukan main idea atau ide pokok, atau detail-detail yang ada dalam teks.

2. Menyajikan materi secara kreatif, contohnya dengan memanfaatkan fasilitas Game Based Learning. Saat kegiatan belajar mengajar, guru mengadakan kuis, atau game di internet yang dapat diakses oleh semua pelajar. Dengan metode ini, pelajar dapat lebih cepat memahami materi sekaligus dapat menjadi hiburan dan tantangan bagi mereka.

3. Membangun komunikasi yang interaktif. Caranya dengan pengajar memberikan pertanyaan lalu  siapa pun pelajar yang dapat menjawab. Misalnya ketika pembelajaran jarak jauh atau daring, pelajar dapat mengaktifkan fitur raise hand lalu menyampaikan jawabannya atau dengan cara mengetik jawaban di chat box. Guru atau pengajar bisa mensiasati agar pelajar lebih ingin aktif berpartisipasi dengan memberikan reward atau apresiasi dengan memberikan nilai tambahan kepada pelajar yang aktif bertanya atau memberikan jawaban. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan motivasi pelajar untuk lebih aktif di kelas.

Itulah beberapa tips agar pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia dapat berjalan secara efektif. Dengan menerapkan metode-metode tersebut pelajar akan menjalani proses pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan tentu saja dapat mengasah skill yang dibutuhkan dalam berbahasa Inggris. Pelajar tidak hanya menguasai teori, namun juga menguasai dalam praktek penggunaan bahasa Inggris itu sendiri.

Nama : Rissa Alifia

NIM : 2223210068

Nama Dosen : Dr. Murti Ayu Wijayanti, M.Pd.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline