Lihat ke Halaman Asli

Risna Oktaviani

Institut Pertanian Bogor

Kelompok 47 KKN Kebangsaan Desa Kumba Inovasikan Dimsum Udang untuk Mengoptimalkan Potensi Desa

Diperbarui: 25 Agustus 2023   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kelompok 47 KKN Kebangsaan XI Desa Kumba bersama masyarakat mengadakan inovasi olahan  berbahan dasar udang di Balai Rakyat Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Selasa (8/8).

Kolaborasi tersebut berhasil menginovasikan olahan dalam bentuk makanan berupa dimsum berbahan dasar udang galah yang merupakan salah satu potensi dari sungai kumba. Kegiatan ini menjadi bagian dari program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok 47 KKN Kebangsaan XI di Desa Kumba.

Kegiatan in berfokus pada pemanfaatan hasil perairan yaitu udang  yang dapat diolah menjadi produk olahan yang memberikan nilai tambah. Selain itu, udang juga memiliki khasiat untuk kesehatan yang baik untuk pemenuhan gizi keluarga. Mahasiswa juga memberikan edukasi mengenai manfaat dari olahan udang, cara pengolahan, serta strategi marketing pemasaran untuk memasarkan produk.

Selain memberikan manfaat langsung kepada masyarakat setempat, Kelompok 47 KKN Kebangsaan XI Desa Kumba juga turut melatih kecakapannya dalam pemecahan masalah di masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin hubungan baik antara kelompok 47 dan masyarakat Desa Kumba.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline