Pengamatan peserta didik jenjang SMA/remaja bisa dilihat dari perkembangan kognitif (berfikir), bahasa, fisik dan sosial-emosional.
1. Perkembangan aspek kognitif dapat digambarkan sebagai berikut:
-Secara intelektual remaja mulai dapat berfikir logis tentang gagasan abstrak.
- Berfungsinya kegiatan kognitif tingkat tinggi yaitu membuat rencana, strategi, membuat keputusan-keputusan, serta memecahkan masalah.
- Sudah mampu menggunakan abstraksi-abstraksi, membedakan yang konkrit dengan yang abstrak.
- Munculnya kemampuan nalar secara ilmiah, belajar menguji hipotesis.
- Memikirkan masa depan, perencanaan, dan mengeksplorasi alternatif untuk mencapainya psikologi remaja.
- Mulai menyadari proses berfikir efisien dan belajar berinstropeksi.
- Wawasan berfikirnya semakin meluas, bisa meliputi agama, keadilan, moralitas, dan identitas (jati diri).
2. Perkembangan aspek bahasa diantaranya:
-Lebih memantapkan diri pada bahasa asing tertentu yang dipilihnya.