Lihat ke Halaman Asli

Risma Rahayu

Mahasiswa

Strategi Pemasaran Hotel: Meningkatkan Jumlah Pelanggan Melalui Bauran Pemasaran

Diperbarui: 1 Juli 2024   17:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok Narasumber

Pada dasarnya, tujuan pemasaran hotel adalah menarik tamu untuk menginap dan menggunakan fasilitas hotel. Namun, upaya untuk menarik tamu harus dilakukan dengan cara yang membuat tamu puas, karena upaya pemasaran akan sia-sia jika tamu tidak puas. (Munjir, Yulianti, & Artiningsih, 2020)

Menutut teori Philip Kotler menyebut formula konvensional untuk mix marketing ini sebagai 4P yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Secara sederhana, penentuan mix marketing bertujuan untuk memastikan bahwa setiap kegiatan pemasaran berhasil. Produk dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, ditawarkan dengan harga yang terjangkau oleh pelanggan, dan kemudian didistribusikan ke tempat di mana pelanggan dapat berbelanja dan mempromosikan produk melalui media yang mereka harapkan. Pemasar menggunakan marketing mix, alat yang terdiri dari berbagai komponen program pemasaran yang harus dipertimbangkan agar strategi pemasaran dan penempatan yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan sukses. ( Aulia & Syifaus, 2023)

Berikut merupakan hasil wawancara dan observasi mengenai strategi marketing yang dilakukan hotel Amaroossa Grande Bekasi.

Produk

Produk menurut Philip Kotler adalah “segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan’ (1997:57).

Amaroossa Grande Bekasi menawarkan akomodasi yang elegan dan nyaman dengan WiFi diseluruh areanya. Hotel ini memiliki tiga type kamar yaitu deluxe, executive dan suite, perbedaan dari ketiga type kamar tersebut yaitu untuk type suite terdapat livingroom dan terdapat bathup sedangkan pada type deluxe dan executive hanya terdapat standing shower saja.

Layanan dasar yang terdapat pada hotel ini yaitu seperti restoran, bar, lauge, room sevice dan mini bar. Pada layanan bisnis sendiri hotel amaroossa memiliki ruang rapat, ballroom, dan bisnis center, dimana terdapat 10 ruangan, yaitu 9 untuk ruang meeting yang memiliki kapasitas 20 – 70 orang sedangkan 1 ballroom yang memiliki kapasitas maksimal 600 orang.

Hotel Amaroossa Grande Bekasi juga menyediakan fasilitas rekreasi dan kesehatan seperti Gym, Kolam renang dan Spa. Selain itu hotel ini juga menyediakan layanan tambahan berupa sewa transfortasi, laundry, parkir valet dan playground untuk anak – anak.

Place

Hotel Amaroossa Grande Bekasi terletak di Bekasi karena lokasinya yang strategis. Hotel ini berada dekat dengan pintu tol Bekasi Barat, membuatnya mudah diakses dan memiliki akses yang baik ke berbagai tujuan wisata di Bekasi. Selain itu, hotel ini juga terletak dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Mega Bekasi Hypermall dan Metropolitan Mall, serta berjarak sekitar 50 km dari Bukit Paragliding dan 42 km dari Maxx Box Lippo Village.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline