Lihat ke Halaman Asli

Risma Klaudia

Mahasiswa UNDIKSHA

Mengenal Panca Sradha dalam Konsep Hindu Dharma

Diperbarui: 17 Mei 2023   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MENGENAL PANCA SRADHA DALAM KONSEP HINDU DHARMA
(Risma Klaudia)

Om Swastyastu
Om Anobadrah Kratevo Yantu Visvatah
"Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru"

Salam Harmoni

Weda sebagai kitab suci umat Hindu merupakan simbol kepercayaan terhadap adanya Hyang Widhi Wasa. Di dalamnya, memuat ilmu-ilmu yang sebagian besar mudah untuk ditafsirkan. Tetapi setelah penafsirannya, umat Hindu sering melakukan penyelewengan terhadap interpretasi ilmu yang telah didapatkan. Kesalahan ini menimbulkan berbagai penyimpangan terhadap Agama Hindu. Salah satunya menghasilkan rasa "ketidakpercayaan" terhadap adanya dan kekuatan Tuhan. 

Jika umat Sedharma kurang percaya terhadap adanya Hyang Widhi Wasa, maka memungkinkan setiap individunya sulit untuk menemukan Dharma. Dalam kitab suci Sarasamuscaya menyebutkan bahwa tujuan umat Hindu disebut "Moksartam Jagathita Ya Ca Iti Dharma", ialah Moksha sebagai Tujuan umat Hindu dalam memperoleh kesejahteraan hidup.

Dalam mencapai Moksha, manusia perlu menjalankan ajaran Dharma. Penafsiran ini sulit untuk diarahkan ke segala penjuru, sehingga perlu meningkatkan ekspansi terhadap Panca Sradha untuk mencapai Dharma kepada setiap umat Hindu di dunia. Mengutip pembelajaran terkait Panca Sradha, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu terkait apa itu Panca Sradha, bagian-bagian Panca Sradha, mengapa Panca Sradha memiliki hubungan yang erat terhadap Dharma, serta bagaimana ekspansi Dharma dalam mewujudkan interpretasi Panca Sradha oleh umat Hindu. Untuk pembahasan tersebut, akan dipaparkan dalam isi artikel berikut.

"Om Awighnam Astu Namo Siddham"

A. PENGERTIAN PANCA SRADHA

Istilah Panca Sradha seharusnya tidak asing didengar oleh umat Hindu Dharma. Panca Sradha menjadi salah satu ilmu dasar terkait munculnya kepercayaan Agama Hindu terhadap kehidupan dan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Perlu diketahui bahwa ilmu ini, sangat mempengaruhi setiap kehidupan kita karena di dalamnya mengandung bagian-bagian kecil baik dari bentuk tubuh, perbuatan, serta kepercayaan atas masa depan kita sebagai manusia yang dikaruniai Idep (pemikiran).

 Panca Sradha berasal dari bahasa Sanskerta, yang terdiri dari 2 (dua) kata yaitu Panca dan Sradha. Panca berarti 5 (lima), sedangkan Sradha berarti percaya atau yakin. Sehingga, dapat dikatakan bahwa Panca Sradha ialah lima dasar kepercayaan atau keyakinan di dalam Agama Hindu. Dengan adanya Panca Sradha, dapat menimbulkan beberapa asumsi yang akan dikaitkan terhadap kehidupan umat manusia.

B. KONSEPTUAL DHARMA

Secara sederhana, Dharma adalah suatu kebaikan. Dharma berasal dari bahasa Sanskerta, ialah kata "Dhr" yang berarti menjinjing, memelihara, dan melakukan kebaikan. Kaitan Dharma dengan Panca Sradha ialah mempercayai bahwa segala tindakan baik akan membantu kita menuju moksha. Panca Sradha sebagai konsep kepercayaan, akan menimbulkan berbagai asumsi umat Hindu. Namun, pada saat inilah ketakwaan kita diuji dan sebagai umat Dharma, harus mampu menahan segala ego untuk tujuan hidup yang lebih damai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline