Lihat ke Halaman Asli

Risma Klaudia

Mahasiswa UNDIKSHA

Mengenal Brahma Vidya di Era Globalisasi

Diperbarui: 25 Maret 2023   05:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS

Membuat Artikel Ilmiah Populer dengan gagasan "Ketuhanan Dalam Hindu/Brahma Vidya"

Artikel:

MENGENAL BRAHMA VIDYA DI ERA GLOBALISASI

(Risma Klaudia; Universitas Pendidikan Ganesha)

Kata Kunci: Brahman, Brahma, Brahma Vidya, Tuhan, Ketuhanan, Theisme, Teknologi, Mengenal, Era Globalisasi, Wyapi Wyapaka, Tri Pramana, Tattwa, Susila, Upakara.

ABSTRAK

          Artikel ini membahas tentang Konsep Keprcayaan terhadap Ketuhanan atau Brahma Vidya menurut Umat Hindu dan kaitannya dengan era globalisasi saat ini. Berdasarkan penggunaan teknologi yang ada, Konsep-konsep Brahma Vidya tetap mengiringi kehidupan manusia sehingga pengenalan budaya dan kepercayaannya tersalurkan melalui media teknologi. Konsep-konsep ini akan memberikan pemahaman terkait bagaimana menjadi umat beragama yang tepat di zaman yang sedang terobang-ambing masuknya kebudayaan barat, terlebih khusus terhadap umat Hindu. Namun, pada penekanannya akan dipaparkan mengenai pengertian dan sejarah Brahma Vidya, jenis-jenis Brahma Vidya, konsep-konsep Brahma Vidya, dan beberapa upaya dalam penggunaan teknologi yang berkaitan dengan penyebaran atau akses informasi Brahma Vidya yang baik. Dengan ini, akan membantu kehidupan masyarakat Hindu dalam mengenal lebih jauh tentang apa sih Brahma Vidya itu.

PENDAHULUAN

          Teknologi berperan penting dalam membantu segala aktivitas kehidupan manusia. Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam Agama dan Budaya. Istilah Brahma Vidya cukup asing terdengar di khalayak masyarakat. Padahal, Pengetahuan tentang Brahma Vidya adalah ilmu yang dilakukan setiap hari oleh manusia. Brahma Vidya sebagai ilmu yang menerapkan tentang kepercayaan kepada Tuhan, saat ini belum sepenuhnya tersebar luas dan tidak sedikit orang memiliki pandangan bahwa ilmu keagamaan hanya dapat dipelajari jika melalui Kitab Suci atau Veda. Padahal, saat ini teknologi berkembang pesat dan mampu mencantumkan banyak hal terkait sumber-sumber ilmu keagamaan yang ada. Dalam menyikapi hal ini, penulis membuat artikel tentang mengenal Brahma Vidya di era Globalisasi, agar masyarakat dapat mengetahui tentang apa sih Brahma Vidya itu? Bagaimana hubungannya dengan teknologi dan era globalisasi saat ini? Untuk itu, simak pembahasan materi berikut!

PEMBAHASAN


 

APA ITU BRAHMA VIDYA?

          Brahma Vidya adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kepercayaan terhadap Tuhan. Kata "Brahma" dalam Brahma Vidya memiliki arti "Brahman" yaitu tingkatan paling tinggi dalam kepercayaan umat Hindu. Brahman tersebut dipercaya serta dianggap sebagai Jiwa yang menyatu dengan Tuhan dan Tuhan terdapat di setiap jiwa. Hal tersebut menjunjung kata Brahman yang bermakna Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, mengungkap kata Vidya berasal dari Bahasa Sanskerta yaitu "Vid" yang berarti ilmu atau pengetahuan. Sehingga, makna dari Brahma Vidya ialah suatu terapan atau cara yang dikatakan sebagai pengetahuan untuk mempelajari tentang adanya Tuhan di kehidupan ini.

SEJARAH SINGKAT BRAHMA VIDYA

          Sejarah awalnya Brahma Vidya dimulai sejak zaman Weda yang melahirkan sebuah tradisi publik Vedanta yaitu kebudayaan dalam mempercayai adanya suatu Tuhan dan Tuhan hanyalah satu. Veda sendiri merupakan kitab suci umat Hindu yang disusun oleh Rsi-Rsi dan dianggap sebagai sabda Tuhan atau pendengar Wahyu Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Para Rsi kemudian menuliskan wahyu atau "Pesan Tuhan" tersebut ke dalam lampiran-lampiran kitab Suci dan dijadikan satu publik Kitab Suci Veda. Dunia berkembang dengan cepat dan Brahma Vidya mulai publik di zaman Upanisad pada tahun 500 hingga 800 Sebelum Masehi dan bahkan kebudayaan-kebudayaan yang dihasilkan masih dijalankan hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline