Lihat ke Halaman Asli

Pendekatan Pembelajaran Berdifrensiasi Sesuai dengan Kebutuhan Siswa SD 21 Palembang

Diperbarui: 3 November 2023   08:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran berdifrensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. yang berorientasi kepada peserta didik yang dapat kita lihat dari berbagai macam keberagaman yang dimiliki oleh peserta didik perlu adanya penyesuaian dengan kebutuhan belajar pada setiap idividu. Oleh karna itu setiap peserta didik di SD Negeri 21 Palembang memiliki tingkat level pemahaman dan gaya belajar yang berbed-beda. Seperti peserta didik menyukai pembelajaran melalui pengalaman langsung, melalui visual, audio, audio visual dan kinestetik. Adapun kelebihannya yaitu dalam lingkungan yang menerapkan pembelajaran berdifrensiasi pesrta didik yang memiliki kebutuhan khusus, pesrta didik yang memiliki bakat dan peserta didik yang memiliki tingakat pemahaman yang berbeda-beda mereka tetap dapat belajar bersama dan memproleh pengetahuan yang sama hanya saja yang membedakan gaya belajarnya, dari hal tersebut peserta didik akan lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran dan memperoleh pemahamanya berdasarkan tingkat pengetahuanya masing-masing.

Pembelajaran berdifrensiasi ini dapat membantu guru SDN 21 Palembang untuk mengeksplorasi metode pengajaran yang beragam dengan menyesuaikan kebutuhan dan gaya belajar, agar peserta didik merasakan nyaman. Sebelumnya guru mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan setiap peserta didik, merencanakan pembelajaran yang sebelumnya telah disesuikan dengan melihat latar belakang dan kesiapan peserta didik tujuanya agar pembelajaran yang diberikan dapat tersampaiakan dan peserta didik dapat memahami materi yang telah di jelaskan oleh guru.

Namun utuk menerapkan pembelajaran berdifrensiasi ini agar semuanya lancar dan terakomodir diperlukan adanya pengetahuan maupun pengalaman dan cara penerapan lebih dalam guru SDN 21 Palembang perlu mengikuti pelatihan ataupun seminar dan pengembangan kurikulum yang mendukung. Guru diperdayakan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki tujuanya agar dapat merencanakan pembelajaran berdifrensiasi secara efektif. Membimbing dan mendukung peserta didik dalam proses pembelajaran guru di SDN 21 Palembang memastikan bahwa peserta didik tidak ada yang tertinggal  atau merasa tidak termotivasi. Maksudnya pembelajaran berdifrensiasi ini bukan hanya tentang kekurangan dan kelebihan yang dimiliki peserta didik atau memperoleh nilai, tetapi banyak hal yang terkait didalamya , membangun rasa percaya diri, memiliki kemandirian dalam menyelasaikan permasalahan yang diberikan oleh guru.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline