Lihat ke Halaman Asli

Al-Farabi dan Sistem Politik

Diperbarui: 13 Juli 2024   06:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Al-Farabi dan Sistem Politik

 Filsafat merupakan yang menarik untuk dipelajar, karena terdapat keunikan tersendiri dari setiap sudut pandang dari para filsuf. Filsafat sendiri hadir lebih awal di belahan dunia barat, Yunani. Sebutlah beberapa tokoh seperti Thales, Plato, dan Aristoteles. Setiap filsuf memiliki perbedaan dalam beberapa hal, seperti mengenai keilmuan matematika, tentang dunia atau kehidupan, dan ide-ide tertentu yang akan mereka kaji dan cari tahu kebenarannya. 

 Sama halnya dunia Barat, dunia Islam juga tak tertinggal dari ide filsafat dengan para tokoh yang kompeten di dalam bidangnya. Filsafat merupakan ilmu yang membahas tentang pengetahuan dan filsafat islam pun tak terlepas dari ilmu pengetahuan yang berdasarkan kepada Al-Qur’an dan Hadits. Salah satu tokoh terkenal dari filsuf Islam ini adalah Al-Farabi. 

Al-Farabi merupakan tokoh filsuf yang cerdas dengan segala keilmuan yang ia miliki. Ini terlihat dari banyak karya yang telah ia torehkandalam sejarah filsafat islam. Dari banyak karya Farabi ini, ada dua buah karya yang berjudul Al-Siyasah Al-Madaniyah (Pokitik Kenegaraan) dan Aru’ul Ahlul Madinah Al-Fadhilah (Pikiran Penduduk Negeri Utama) memiliki kesamaan dengan Republik karangan Plato. Kegiatan politik erat hubungannya dengan manajemen kerjasama sosial. Politik merupakan pusat dalam mengendalikan gerak hidup masyarakat. Pada masa hidup Al-Farabi system monarki absolut hampir dianut oleh seluruh negeri pada saat itu. Namun, Al-Farabi memikirkan konsep “Kebahagiaan tertinggi” untuk “Negeri Utama” yang ia harapkan. Pendapat Al-Farabi imi cenderung terlalu ‘sosialis’ di masanya, karena pemikiran cendikiawan ini sangat menjadi pembanding bagi pemerintahan monarki abolut.

Dalam hal pemerintahan atau pandangan kepada negara manusia ini Al-Farabi terpengaruhi oleh Plato. Negara dan manusia memiliki organ-organ dengan fungsinya masing-masing, bagian pada manusia terdapat otak (kepala) yang harus dijendalikan oleh hati. Relevan dengan konteks negara , yang terpenting adalah pemimpinnya dan secara hierarkis dibantu oleh yang lain. Sebagaimana jantung dan organ lainnya yang membantu kinerja otak.

Al-farabi memiliki kriteria atau kualifikasi ideal bagi seorang pemimpin diantaranya adalah; kecerdasaan, ingatan yang baik, pikiran yang tajam, cinta pengetahuan, sikap zuhud kepada harta dan semua hiasan dunia, cinta keadilan, ketegaran dan keberanian, sehat jasmani, dan fasih berbiara. Ditambahkan lagi dengan kualifikasi yang filosofis, yaitu Aql Fa’al (Akal Aktif) sebuah kemampuan akal yang dimiliki seorang pemimpin yang telah mendapatkan kebahagian hakiki dan senan berhubungan dengan alam rohani.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline