Lihat ke Halaman Asli

Laporan Hasil Analisis Jurnal

Diperbarui: 14 Oktober 2016   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

TEORI KOGNITIF

Teori kognitif adalah teori yang umumnya dikaitkan dengan proses belajar. Kognisi adalah kemampuan psikis atau mental manusia yang berupa mengamati, melihat, menyangka, memperhatikan, menduga dan menilai. Dengan kata lain, kognisi menunjuk pada konsep tentang pengenalan. Teori kognitif menyatakan bahwa proses belajar terjadi karena ada variabel penghalang pada aspek-aspek kognisi seseorang.

Teori belajar kognitif  lebih mementingkan proses belajar daripada hasil belajar itu sendiri. Belajar tidak sekedar melibatkan hubungan antara stimulus dan respon, lebih dari itu belajar melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks. Belajar adalah perubahan persepsi dan pemahaman. Perubahan persepsi dan pemahaman tidak selalu berbentuk perubahan tingkah laku yang bisa diamati.

Pendekatan teori kognitif pada psikologi sosial terletak pada beberapa aspek penting diantaranya yaittu :

Pada pertumbuhan  kognitif anak

Pada proses kognitif sosial

Pada konsep kognitif pada pembentukan diri

Dalam analisa jurnal ini saya menggunakan teori kognitif dalam konteks sosial jadi kognisi sosial disini adalah proses orang berfikir tentang dirinya dan dunia sekitarnya, orang berfikir melalui sebuah skema dimana skema adalah cara yang sudah tersusun secara otomatis dalam benak seseorang mengenai apa yang ia pikirkan tentag dirinya dan dunia sekitarnya.

Manusia menggunakan pengetahuan masa lalu untuk melakukan organisasi dan interprestasi terhadap pengetahuan baru yang ia dapatkan. Hal ini dapat mmpermudah manusia dalam mengintrprestasikan hal baru, namun juga bisa memuat manusia mengalami generalisasi yang tidak akurat dalam konteks psikologi sosial ini juga dapat mendorong manusia mellakukan strerotype.

ANALISA TEORI

Dalam segi bahasanya kognitif adalah berfikir, jadi menurut pemahaman saya mengenai teori kognitif ini adalah tentang bagaimana proses belajar itu. Di dalam teori kognitif ini lebih mementingkan bagaiman proses belajar dan cara berfikir suatu individu dalam memikirkan suatu permasalahan, teori kognitif sosial adalah teori dimana artinya adalah suatu proses berfikir seseorang tentang dirinya dan lingkungan, dalam teori ini piaget menitik beratkan pada 3 permasalahan yaitu pada pertumbuhan kognitif anak,pada proses kognitif sosial, dan pada kognitif prmbrntukan konsep diri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline