Lihat ke Halaman Asli

Cara Ampuh Mengatasi Mata Panda dan Cara Pencegahannya

Diperbarui: 4 Oktober 2023   07:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Lingkaran gelap yang terdapat pada bawah mata yang seringkali di sebut sebagai " Mata Panda ", itu membuat penampilan seseorang terlihat lelah dan kurang segar. Walaupun bukan masalah yang serius akan tetapi banyak orang yang kehilangan percaya dirinya karena mata panda tersebut karena sangat mempengaruhi tampilan wajah ketika di lihat. Yang di mana rata-rata mata panda tersebut banyak di alami perempuan, adapun laki-laki juga mengalami akan tetapi rata-rata tidak menjadi masalah besar pada laki laki. Oleh karena itu pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup agar bisa meminimalkan mata panda dan tidak menggangu tampilan wajah kita, Baca untuk cara dan langkah-langkah yang dapat membantu mencegahnya.

 Penyebab adanya lingkaran gelap pada bawah  mata yaitu, adanya kurang waktu tidur yang kurang berkualitas karena waktu tidur sangat mempengaruhi adanya mata panda tersebut. Ketika kita kurang cukup dalam waktu istirahat pembuluh darah yang terdapat di daerah mata akan mengalami permasalahan. Pembuluh darah yang terdapat di sekitar bawah mata akan menjadi gelap. maka dari itu pentingnya istirahat yang cukup untuk mencegah timbulnya mata panda yang berlebihan. Dan juga mengkonsumi makanan yang sehat dan menjaga pola hidup yang sehat dengan melakukan olahraga. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi adanya mata panda tersebut.

   - Faktor Genetik
Faktor genetik memainkan peran penting dalam penampilan kita. Jika kita memiliki keluarga yang identik dengan lingkar gelap di bawah mata, Mungkin kalian juga mengalami masalah lingkar hitam tersebut.

- Penuaan
Faktor penuaan tersebut menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan lingkaran hitam yang terdapat di bawah mata, kulit di bawah mata akan terlihat tipis dan kehilangan elastisitasnya sehingga akan terlihat pembuluh akan terlihat dan kulit terlihat tidak segar kembali.

- Paparan Sinar Uv/Matahari
Yang di mana ketika kita terlalu berlebihan terkena sinar Uv maka lingkaran hitam di bawah tersebut akan semakin terlihat, karena di sinar Uv tersebut dapat merusak kolagen dalam kulit yang dapat mempercepat adanya penuaan dini dan lingkaran gelap di bawah mata.

 - Alergi Peradangan
Alergi peradangan tersebut yang terdapat di sekitar bawah mata dapat mengakibatkan timbulkan lingkaran gelap di sekitar bawah mata, reaksi alergi tersebut dapat mengakibatkan pembengkakan dan kemerahan yang semuanya dapat mempengaruhi tampilan kulit di bawah mata.

- Ketika Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol
Zat aktif yang terdapat pada rokok dan alkohol tersebut sangat mempengaruhi, tidak hanya timbulnya lingkaran hitam di bawah mata akan tetapi berbagai macam penyakit lainnya karena kedua kebiasaan tersebut dapat menggangu pola tidur dan hidup yang sehat dan memperburuk kesehatan.

    Berikut langkah-langkah saya untuk metode perawatan yang bisa membantu pencegahan lingkaran gelap di bawah mata:

Perubahan Gaya hidup, ada beberapa cara untuk membuat perubahan gaya hidup agar lebih efektif mengatasi lingkaran hitam tersebut.

1. Tidur yang cukup: 8 jam tidur pada malah hari dapat membantu meregenerasi dan memulihkan kulit wajah.

2. Minum air putih yang cukup: Minum air yang cukup dapat membantu kulit agar terhidrasi dengan sempurna dan mengurangi kulit kering dan kulit tampak lebih sehat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline