Lihat ke Halaman Asli

Risma Ayu

Mahasiswi

Mahasiswi KKN-PPM UNISRI Meningkatkan Pelayanan Desa Godog dengan Alur yang Jelas dan Tertulis

Diperbarui: 22 Agustus 2023   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemasangan x-banner di Balai Desa Godog (Dok. pribadi)

Desa Godog, Sukoharjo (22/08/2023) Pelayanan administrasi adalah pelayanan yang menghasilkan bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan oleh publik, seperti status kewarganegaraan dan kepemilikan atau penguasaan pada suatu barang. Tuntutan aspiras masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas, harus menjadi perhatian pemerintah. Pemerintah sudah membuat produk hukum/peraturan yang mengatur tentang pelayanan publik untuk menjawab semua keinginan masyarakat. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UNISRI Risma Ayu Puspita melaksanakan program kerja pembuatan alur pelayanan desa secara tertulis dengan dibantu dosen pembimbing lapangan Drs. Joko Suranto, M. Si.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada pada Desa Godog, mahasiswi KKN-PPM UNISRI menyusun alur pelayanan secara tertulis dan jelas. Pelayanan yang tidak jelas dan kurang dipahami dapat membuat masyarakat tidak puas akan pelayanan administrasi yang di dapatkan. Upaya perbaikan secara menyeluruh menuju tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) salah satunya dapat dilihat melalui kualitas pelayanan pada masyarakat.

Tujuan dari pembuatan alur itu agar masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami pembuatan dokumen administrasi kependudukan yang mereka butuhkan dan dapat terwuju pemerintahan yang baik di Desa Godog.

Program kerja ini dilakukan dengan bertahap, pertama mahasiswi melakukan observasi terhadapat permasalahan administrasi desa. Berdasarkan permasalahan yang ada pada Desa Godog di Balai Desa belum terdapat alur pelayanan atau prosedur pelayanan secara tertulis dan jelas. Kondisi tersebut menjadi pemicu terhambatnya pelayanan administrasi dan ketidakefektifan pelayanan administrasi. Dengan adanya permasalahan tersebut dibuatlah program Penyusunan Alur Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Nikah PA/PI Desa Godog secara tertulis dalam bentuk X-Banner.

Observasi Data Desa dengan Perangkat Desa Godog (Dok. pribadi)

Dalam penyusunan alur pelayanan ini mahasiswi UNISRI dibantu dengan bebrapa perangkat desa seperti yaitu Kepala Desa, Sekertaris Desa dan Kasi Pemerintahan. Penyusunan alur tersebut selalu di koordinasikan dengan perangkat desa dimulai dari dokumen kependudukan,syarat pendukung dokumen, penyusunan materi hingga pembuatan desain.

Pada 14 Agustus 2023 Program Penyusunan Alur Administrasi Kependudukan & Nikah Pa/Pi Desa Godog selesai dilaksanakan. Pemasangan X-Banner tersebut diterima baik oleh warga desa dan sejumlah perangkat Desa Godog. Mereka sangat mengapresiasi dengan adanya alur pelayanan desa yang jelas dan tertulis karena adanya alur tersebut dapat membantu dalam mengurus dokumen kependudukan dengan mudah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline