Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Keseimbangan Gizi yang Diberikan untuk MPASI Hingga Tips Agar Bayi Nafsu Makan

Diperbarui: 4 Desember 2020   21:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan terbaik pertama pada bayi pada awal kelahirannya dan diikuti dengan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan),nutrisi yang terkandung pada ASI meliputi berbagai sumber zat gizi makro dan mikro misalnya vitamin,kalium,kalsium,lemak,karbohidrat,mineral,dan protein cair dalam jumlah tepat yang dibutuhkan oleh bayi selama 6 bulan hingga berumur minimal 2  tahun. Selain pemberian ASI yang diberikan oleh Ibu selama 6 bulan setelah bayi lahir,ternyata juga ada tambahan makanan lain selain ASI yaitu MPASI. MPASI (Makanan Pendamping ASI) merupakan makanan tambahan pendamping ASI mulai dari anak usia 6-8 bulan dapat diberikan ke bayi 2 sampai 3 kali dalam sehari lalu bertahap pada usia 9 hingga 12 bulan yang diberikan 3 hingga 4 kali dalam sehari, MPASI termasuk kedalam salah satu jenis makanan yang dibuat secara khusus untuk bayi dari segi tekstur,rasa,dan bahan yang disesuaikan dengan sistem pencernaan dari bayi memastikan agar memakai bahan-bahan yang lembut serta mudah dicerna oleh si Bayi.

Lalu Mengapa MPASI itu penting? MPASI sangat penting karena MPASI bertujuan untuk mencapai perkembangan serta pertumbuhan yang optimal,menghindari  serta mencegah terjadinya kekurangan gizi,resiko malnutrisi dan defisiensi makronutrien, selain itu MPASI juga dibutuhkan oleh bayi sebagai tambahan energi untuk meemenuhi kebutuhan zat gizi lainnya yaitu  zat gizi makro dan zat gizi mikro. Lalu Apa sih zat gizi makro dan zat gizi mikro itu ? Zat gizi makro yaitu zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tubuh contohnya : Energi,Protein,Lemak dan juga Karbohidrat. Sedangkan Zat gizi mikro merupakan zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah yang kecil oleh tubuh contohnya : natrium,kalium,zat besi,vitamin,magnesium,yodium,kalsium,dan fosfor.

Pada kesempatan kali ini saya selaku penulis ingin memberikan  informasi cara agar bayi lahap makan MPASI Antara lain :

  • Yang pertama yaitu berikan bayi makan MPASI saat bayi benar-benar lapar,
  • Saat bayi sudah mulai terlihat labar maka segeralah beri makan mpasi sesuai dengan keingan ibu,beri MPASI semenarik mungkin dengan modifikasi resep yang tetap sehat dan bergizi,apabila bayi sedang lapar maka nafsu makannya akan meningkat.
  • Pahami keinginan dan penolakam Bayi
  • Buatlah menu favorit bayi bisa ditambahkan dengan lauk yang gurih misalnya Hati ayam rebus dan lauk lainnya,selain itu pelajari pula penolakan dari bayi hal ini sangat penting karena bisa jadi bayi memiliki berbagai sebab misalnya sariawan, radang tenggorokan, dan lain sebagainya.
  • Modifikasi resep MPASI semenarik dan seenak mungkin. Contoh menu MPASI yaitu Nasi sebagai sumber energi dan karbohidrat ,bayam dan wortel sebagai sayuran memiliki vitamin,serat dan mineral,udang kupas,hati ayam sebagai lauk hewani dan tahu sebagai lauk nabati. Untuk jumlah ukuran  masing-masing dapat disesuaikan dengan keinginan si Ibu dan kebutuhan dari si Bayi menurut usianya. Menu MPASI tersebut selain menarik juga memiliki zat gizi yang seimbang antara zat gizi makro dan zat gizi mikronya.

Cara mengolah MPASI diatas adalah sebagai berikut :

  • Siapkan semua semua bahan yang dibutuhkan
  • Masak nasi dengan cara dikukus, lanjutkan juga untuk mengkukus sayur wortel dan bayam
  • Tumis dan tambahakan sedikit minyak ke teflon masukan hati ayam yang sudah dipotong halus, ikuti dengan masukan udang kupas yang juga dihaluskan.
  • Setelah semuanya siap dan matang, lanjutkan dengan menghaluskan seluruh bahan dengan cara diblender
  • Setelah diblender saring MPASI hingga halus

Tekstur MPASI dapat disesuaikan dengan usia bayi

Jadi,seperti itulah Pentingnya keseimbangan gizi yang diberikan untuk MPASI dan Tips agar bayi nafsu makan dengan lahap saat proses pemberian MPASI. Maka dari itu pemberian  MPASI yang tepat serta dan ASI eksklusif pada bayi dengan memperhatikan gizi yang seimbang tidak hanya agar anak lebih sehat dan lebih cerdas namun juga akan mendidik anak untuk memiliki kebiasaan makanan yang baik dan sehat serta bergizi.

Sekian yang dapat saya tulis dan sampaikan, mohon maaf apabila masih ada kekurangan serta kesalahan dalam penulisan, semoga info dari saya dapat bermanfaat. Terimakasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline