Sebelum menulis, izinkan saya memperkenalkan diri. Saya Risky Astya Rini mahasiswi program studi ilmu komunikasi di Universitas Ahmad Dahlan. Salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Sebelumnya saya akan membahas apa itu media konveregensi.
Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence yang berarti bersatu atau persatuan, sedangkan media yaitu sarana penghubung dalam menyampaikan informasi. Konvergensi media berarti penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi atau TIK. Konvergensi media disebabkan karena perkembangan teknologi komunikasi digital terutama internet, jadi selama internet masih terus berkembang tidak menutup kemungkinan bahwa konvergensi media juga berkembang karena internet merupakan media tumbuh dan berkembangnya konvergensi media.
Konvergensi media atau konvergensi TIK sebenarnya secara umum tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Dua hal ini sebenarnya lebih mengarah pada soal pencapaian satu tujuan, pengelolaan konten (informasi, gambar, audio, video, dan lain-lain) agar bisa masuk dalam jenis teknologi apapun dan bisa dikonsumsi oleh satu jenis atau berbagai platform media.
Dengan internet sekarang apapun menjadi cepat, seakan berada di ujung jari dan pada zaman digital ini lebih banyak bergantung pada teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak keuntungan datang ke teknologi baru seperti teknologi sekarang lebih kecil dan lebih portabel dan dengan sekarang kecepatan internet yang tinggi memungkinkan akses cepat untuk mendapatkan informasi baru.
Sedikit pengalaman tentang pengalaman konvergensi media. Saat ini, orang tidak perlu repot lagi jika ingin berbelanja sesuatu. Dari ponsel yang dimiliki kita bisa melakukan banyak hal misalnya membaca koran secara online, bertegur sapa dengan orang melalui video call, mengirim pesan secara singkat dan cepat, melakukan rapat-rapat penting, sampai pada melakukan transaksi dalam jumlah yang besar.
Saat ini ponsel sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih seperti music plyer, kamera, dan aplikasi-aplikasi yang sudah terhubung ke internet sehingga memudahkan kita untuk mengakses semua yang kita butuhkan dan kita inginkan. Selain itu, raido-radio juga secepat kilat membuat media-media online. Siaran tidak lagi dipancarkan melalui pemancar biasa melainkan telah melakukan radiostreaming di website masing-masing. Semua kebutuhan tersebut hadir dalam satu platform media. Internet dan komputer berpaeran besar dalam hal ini.
Konvergensi media juga berdampak besar bagi kehidupan manusia terutama dibidang komunikasi, dengan adanya konvergensi media dan internet semua kalangan manusia dapat mengetahui informasi dan kejadian-kejadian yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Semua berita disediakan di internet, semua orang saling berbagi informasi yang membuat kita lebih bisa mengeksplore dunia. Banyak pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan. Munculnya fenomena konvergensi media juga memaksa media konvensional untuk melebarkan sayap dan masuk kedalam jaringan internet untuk dapat mempertahankan atau memperluas platform media.
Potensi konvergensi media dalam jurnalisme melibatkan kerja sama antara junalis media cetak, media siar, dan media web (daring) untuk menghasilkan berita terbaik yang dimungkinkan dengan menggunakan berbagai sistem penyampaian. Potensi lain konvergensi media secara praktis adalah sajian informasi dalam format multimedia melalui multichannel dan multiplatform.
Dalam multimedia, sebuah media membuat dan menyediakan informasi dalam berbagai format teks, foto, grafik, animasi, audio, dan video. Strategi multichannel adalah menggunakan dan memaksimalkan berbagai metode dan kanal distribusi informasi, baik melalui fisik maupun digital. Sementara multiplatform menggunakan berbagai tools dan perangkat untuk mengakses informasi, seperti kertas, komputer, smartphone, tablet, dan televisi.
Konvergensi media membawa banyak peluang bagi industri media kreatif. Sebagian besar konsumen sekarang memiliki perangkat pintar seperti smartphone dan tablet, ini membuat satu platform tunggal bagi industri untuk terhubung dengan audiens mereka. Misalnya pada perangkat aplikasi, kini telah dibuat untuk memungkinkan setiap konsumen untuk setiap sumber media tunggal misalnya aplikasi yang memungkinkan konsumen untuk membaca koran dan sekarang bahkan mendengarkan dan menonton televisi dan radio dimana saja. Cara lain iklan adalah dengan pilihan dimana orang dapat berbagi apa yang mereka lihat dengan teman-teman mereka dan ini keuntungan besar untuk menghubungkan dengan audiens yang lebih besar.
Industri media cetak dipastikan akan menurun. Karena adanya media online yang aksesnya lebih mudah daripada media cetak, kemudian media cetak lama kelamaan akan ditinggalkan oleh pelanggannya. Penurunan industri media cetak juga akan berdampak pada hilangnya pekerjaan prang pada industri media cetak. Adanya ketergantungan dengan teknologi digital. Adanya konergensi media membuat masyarakat lebih emilih media online daripada media cetak dan hal tersebut bisa mengubah gaya masyarakat Indonesia menjadi lebih bergantung pada gadget mereka.