Best Practice
"Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Memperagakan Gerak Tari Campak"
Lokasi : SMA N 1 Muntok
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Penulis : Risky Oktafia
Tanggal : 19 Oktober 2022
Latar Belakang
Di kalangan peserta didik masih banyak dijumpai ada yang kurang berminat dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari terutama peserta didik laki-laki. Hal-hal yang biasanya melatarbelakangi adalah karena malu, menganggap menari itu khusus peserta didik perempuan saja, kurangnya wawasan peserta didik tentang seni budaya khusunya tari. Dalam hal ini, penulis melihat melalui praktik ini dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan minat belajar, selain itu dapat menjadi salah satu referensi bagi guru seni budaya untuk menentukan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL).
Pertimbangan menggunakan model PJBL ini adalah berdasarkan kajian literatur menurut Dedy (2013) pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan minat belajar siswa karena siswa mampu melakukan penelitian pada dunia nyata dan belajar pada orang yang memiliki kecapakan relevan.
Model pembelajaran project based learning yang memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan diantaranya : mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan sehingga mampu meningkatkan minat siswa untuk belajar dan mendorong kemampuan siswa belajar mandiri serta aktif dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah, meningkatkan kemampuan komunikasi dan keterampilan mencari informasi siswa serta memberikan pengalaman dalam mengorganisasikan proyek. Dalam hal ini, peran dan tanggung jawab guru adalah sebagai fasilitator bagi peserta didik untuk dapat meningkatkan minat belajar dengan cara membuat media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar peserta didik.