Lihat ke Halaman Asli

Rutinan Majelis Majazi Al Hasan, Pembacaan Maulid Al Barzanji dan Sholawat

Diperbarui: 17 Oktober 2023   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MMA Media

Rutinan Majelis Majazi Al Hasan 

Pembacaan Maulid Al Barzanji Dan Sholawat

Rutinanan Majelis Majazi Al Hasan yang diselenggarakan pada hari Sabtu,14 Oktober 2023,mulai pukul 19.30 WIB - selesai.Yang berlokasi di Gelora Delta MMA (Jl. Gang Mewah Balongsari Kec. Pringapus).

Bersama:

  • Gus Muhammad Khoirul Anwari
  • Gus Hafidzul Muhsin
  • Majelis Majazi Al Hasan  dan
  • Arek Majazi

Diiringi grub HADROH AL-HASAN.

 Acara ini diselanggarakan untuk umum.Bagi siapa saja yang ingin mengikuti bisa hadir dan datang langsung ke lokasi acara.Kegiatan Rutinan Majelis Majazi Al Hasan rutin dilaksanakan setiap malam minggu kedua dalam setiap bulannya.Arek Majazi merupakan jamaah Maulid Al Barzanji yang mayoritas yaitu para pekerja yang merantau di Kabupaten Semarang dan jamaah dari warga sekitar Pringapus.Adapaun rangkaian acaranya terdiri dari ; pembukaan,sambutan dari ketua panitia yaitu Gus Ahmad Syarif ,lalu menuju acara inti yaitu Mauidhoh hasanah kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Al Barzanji dan Sholawat yang dipimpin oleh Gus Muhammad Khoirul Anwari.Lalu penutup dan doa.

  Gus Muhammad Khoirul Anwari merupakan pengasuh Majelis Majazi Al Hasan. Dalam Mauidhoh hasanah tersebut beliau menyampaikan tentang definisi santri. Santri bukan yang mondok saja, tapi siapapun yang berahlak seperti santri,mampu penjaga lisannya dengan baik,menjaga penampilannya dengan baik,serta mau mengaji dialah santri. Hukum membaca sholawat bisa menjadi wajib ataupun sunnah, tergantung ibadah yang sedang dilakukan. Misalnya saat sholat, membaca sholawat hukumnya wajib.

Sementara itu hukum sunah sholawat artinya jika seorang muslim membaca sholawat maka akan mendapatkan pahala yang besar, namun jika tidak dibaca maka tidak mendapatkan dosa.
  Keutamaan membaca sholawat nabi tertuang dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa bersholawat kepadaku sekali, Allah memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim). Umat muslim yang selalu membaca sholawat akan mendapatkan syafaat baginya di hari kiamat.

Gus Arul juga menyampaikan pesan.

"Nek pingin dadi wong sukses,duite akeh,berkah,nyaman lan tentrem hidupe akehi sholawat.Nek pingin uripe akeh keberkahan ayo bareng-bareng moco sholawat."

Terjemahan bahasa Indonesia:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline