Lihat ke Halaman Asli

Riski Sari

Mahasiswa aktif S1 Universitas Muhammadiyah Bone ( Pendidikan Kepelatihan Olahraga )

Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Karakter Peserta Didik SB Srimuda

Diperbarui: 15 Agustus 2024   01:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SB Srimuda (Dok.Pribadi)

Sanggar Bimbingan Srimuda, Malaysia-Selain memberikan kegiatan  pembelajaran pada umunya, setiap pagi siswa-siswi SB Sri muda berkumpul dan berbaris  untuk membaca  do'a bersama-sama, tak lupa mereka dengan antusias menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya dan lagu nasional lainnya salah satunya Garuda Pancasila sebelum proses pembelajaran di mulai.  

Selama kegiatan berlangsung tim KKN Kemitraan Internasional yang terdiri dari tiga PTMA yaitu: Riski mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone, Suriani mahasiswa IKesT Muhammadiyah Palembang, dan Novia Olin Fimala  mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu, juga memberikan pengenalan terhadap nilai-nilai pancasila kepada siswa-siswi SB Srimuda. Pancasila merupakan dasar Negara Indonesia yang setiap sila-silanya mempunyai makna. 

Mahasiswa KKN menggunakan metode pembelajaran seperti menulis pancasila lalu menghafalnya kemudian menggambar simbol pancasila. Pengenalan terhadap nilai-nilai pancasila sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda yang berintegritas, toleran, dan berjiwa sosial. Siswa-siswi SB Srimuda pun sangat antusias untuk lebih mengenal pancasila dan mencintai Indonesia.

Siswa-Siswi SB Srimuda menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Garuda Pancasila (Dok.Pribadi)

Mahasiswa KKN Kemitraan Internasional berkumpul dan membina, mengajarkan serta memperkenalkan tokoh-tokoh kebangsaan Indonesia, Bahasa Indonesia, lagu-lagu kebangsaan dan lambang Negara Indonesia. Adapun tujuan dari kegiatan menyanyikan lagu wajib nasional ini agar anak-anak SB Srimuda tidak lupa dengan bangsa Indonesia. 

Mendapatkan pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia yang berada dimanapun. Mencerdaskan anak Indonesia adalah misi yang di bawah oleh KKN Kemitraan Internasional. Sebagai anak Indonesia tentu penting bagi mereka untuk memahami Bahasa Indonesia dan lagu-lagu Indonesia.

Pengenalan Sila-Sila Pancasila (Dok.Pribadi)

Dalam pendidikan karakter ditentukan oleh tiga hal: mengetahui, perasaan moral yang moral, dan prilaku moral. Dengan tujuan membangun akhlak yang mulia, berbudi, toleransi, bekerja sama, ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan pancasila. Menanamkan nilai-nilai Pancasila ke dalam jiwa dan kepribadian siswa-siswi sehingga mereka dapat membangun jiwa Pancasila.

Dengan adanya program ini, diharapkan anak-anak di SB Srimuda dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki karakter kuat, dan nasionalisme. Selain itu, lagu wajib nasional dan pengenalan nilai-nilai pancasila bertujuan agar anak-anak SB Srimuda lebih mengenal Indonesia dan cinta terhadap tanah airnya, Indonesia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline