Lihat ke Halaman Asli

Riski Official

Programmer

Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan

Diperbarui: 16 April 2023   23:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 2.3

Saat bulan Ramadhan tiba harus bisa menjaga kesehatan tubuh, sebab kita sering melakukan aktivitas di siang hari. Karena saat di bulan Ramadhan, tubuh banyak melakukan gerak dan aktivitas sehingga perlu adanya ketahanan tubuh yang menjadikan bisa melakukan aktivitas dengan baik. Makanan dan minuman yang sehat bantu membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sebab kandungan dari makanan dan minuman tersebut memiliki banyak manfaat. Makanan yang sehat memiliki sumber vitamin, protein serta mampu membantu tubuh semakin semangat saat menjalankan ibadah puasa.  

Saat puasa tiba, kita ingin sekali buka puasa dengan makanan yang berat. Saat waktu berbuka puasa, kadang pingin makan ini, makan itu sehingga kita merasa kekenyangan setelah selesai buka puasa.  Makanan yang sehat juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sebab kandungan gizi dan sumber vitamin yang baik bagi tubuh.  Saat di bulan Ramadhan kita ingin sekali makan makanan yang pedas, yang menyebabkan kadang perut merasa sakit.  

Makanan yang pedas sebenarnya mampu meningkatkan nafsu makan, tetapi harus ada sesuai dengan porsinya dan apapun jangan berlebihan. Sebab makan makanan yang berlebihan itu tidak baik, yang menjadikan kadang malas ingin sholat karena merasa kekenyangan. Saat di bulan Ramadhan kadang orang-orang saat berbuka puasa, pingin minum minuman yang dingin yang menjadikan kadang perut merasa tidak merasa nyaman. Minuman yang dingin sebenarnya juga enak, tapi alangkah baiknya berbuka puasa dengan minuman yang anget dan serta berbuka dengan makanan yang manis. Sebab saat bulan Ramadhan, menjaga kesehatan tubuh itu penting, karena supaya bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan penuh semangat. 

Menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin, protein, zat besi dan lain-lain. Saat bulan Ramadhan, juga harus di imbangi memperbanyak minum air putih supaya tubuh kembali segar dan bugar.  Minum air putih memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan pencernaan, menjaga tekanan darah, mencegah penyakit jantung dan lainnya.  Sebab di bulan Ramadhan orang-orang saat berbuka puasa biasanya banyak minum air putih atau teh anget, karena untuk mengembalikan kondisi tubuh supaya lebih bugar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline