Lihat ke Halaman Asli

Riski Mulya Setyawati

Mahasiswa Univeristas Jember

Mahasiswa KKN Universitas Jember Ikut Aksi Kampanye Sosial Digital dan Rancang Misi Sosial untuk Kota Jember

Diperbarui: 9 September 2021   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tema Kegiatan KKN Yang Dilakukan|Dokpri

KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Jember pada tahun 2020 dilakukan secara mandiri oleh setiap mahasiswa di kampung halaman masing -- masing serta telah menuai kesuksesan dan respon sasaran KKN yang luar biasa. Maka dari itu, KKN Universitas Jember tahun 2021 dilakukan dengan teknis yang sama dan saat ini telah memasuki periode ke - 3. Kuliah Kerja Nyata dengan tema KKN Back to Village 3 diinisiasi oleh Universitas Jember sebagai alternatif kegiatan KKN akibat adanya pandemi dan PPKM yang mengharuskan semua golongan masyarakat menghindari kerumunan untuk mencegah rantai penularan virus Covid 19. 

KKN Back to Village 3 ini dirancang dengan 5 tematik diantaranya yaitu Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19; Program Inovasi Tehnologi/informasi Dalam Penanganan Covid-19; Program Pemberdayaan Bumdes/Jaring Pengaman Desa Penanganan Covid-19; Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19; dan Program Penanganan Stunting dan AKI-AKB. Setiap mahasiswa bisa memilih tematik yang mereka sukai atau inginkan. 

Selain kegiatan KKN dengan pemilihan 5 tematik tersebut, mahasiswa juga dipersilakan melakukan akomodasi atas kegiatannya di luar kampus (KKN Mandiri). Hal tersebut dituliskan pada Surat dengan Nomor : 3523/UN.25.3.2/PM/2021 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember yang menjelaskan syarat -- syarat akomodasi kegiatan mahasiswa di luar kampus yang diakui sebagai KKN. Salah satu kegiatan di luar kampus yang diakomodasi yakni Program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) Kampus Merdeka dengan sasaran masyarakat.

Riski Mulya Setyawati (22), peserta KKN Back to Village 3 yang berasal dari Prodi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember ini melakukan konversi kegiatan KKN melalui program SIB (Studi Independen Bersertifikat) Kampus Merdeka yang ia ikuti. Dosen pembimbing yang membantu kegiatan KKN yang dilakukan adalah Ibu Winda Amalia, S.TP. M.Sc. KKN yang dilakukan Riski (nama panggilan) ini bertema "KKN Mandiri Bersama Campaign.com" dengan judul "Program Kepedulian Terhadap Isu Sosial dan Berdampak Pada Masyarakat".

Campaign.com dengan nama resmi PT. Uni Tokopo Teknologi telah berjejaring dan berkolaborasi dengan ratusan social organizers yang ada di Indonesia sejak 2015 demi menjawab tantangan permasalahan sosial yang ada. Selama itu, perusahaan non komersil ini menyadari bahwa salah satu aspek terpenting komunitas atau organisasi sosial dalam menyuarakan isu -- isu sosial yang dilakukan melalui kampanye. 

Pada tahun 2019, hasil survei yang dilakukan Campaign.com kepada 72 komunitas di 15 provinsi di Indonesia menunjukkan bahwa 1 dari 5 permasalahan terbesar yang dihadapi organisasi adalah proses pelaksanaan kampanye sosial. Maka, sebagai mitra terdekat social organizers yang terus mendukung pergerakan intervensi sosial mereka, Campaign.com menghadirkan inisiatif baru yaitu A Better World Academy. A Better World Academy merupakan program inkubasi berisi kurikulum yang diinisiasi oleh Campaign.com untuk membantu social organizers guna meningkatkan kapasitasnya dalam merancang dan melaksanakan kampanye sosial yang sukses dan berdampak untuk perubahan. 

Berkolaborasi dengan Kampus Merdeka, para peserta yang mengikuti A Better World Academy terdiri atas mahasiswa -- mahasiswa yang berasal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Program ini akan menjadi permulaan setiap peserta dalam meluncurkan kampanye dan aksi sosial bersama Campaign.com dalam menjawab isu-isu sosial yang hadir dan tentunya melahirkan lebih banyak individu yang berani memulai dan menyuarakan isu sosial di sekitar mereka. 

Sebanyak 60 mahasiswa terbaik telah terpilih dari 4.198 peserta yang mendaftar pada program A Better World Academy (ABWA) ini. Campaign.com berharap dapat memberikan dampak nyata dan manfaat melalui ilmu dan pengetahuan bagi mahasiwa yang telah terpilih terkait strategi kampanye sosial, peluncuran aksi sosial bersama Campaign.com, mendapatkan audiens dan pendukung, serta kolaborasi.

Tampilan Aksi Kampanye Sosial Digital|Dokpri

Berangkat dari latar belakang tersebut, Riski sebagai peserta KKN BTV 3 dan ABWA ini melakukan beberapa program kerja untuk kegiatan KKN yang ia lakukan. Program kerja yang sudah terlaksana yakni melakukan aksi kampanye sosial digital 'Solidarity Helping The Nation' oleh Organisasi GSI Lab X Campaign.com yang disponsori  Alpha JWC Ventures, Bayu Buana Travel Services, City Vision, Sensitif dan Tororo.com; 'Aksi Ciptakan Lingkungan Yang Damai Untuk Anak' oleh Organisasi  ideberbagi.id (ibe2020) X Campaign.com yang disponsori Musim Mas; 'Pulihkan Indonesia dengan #SeruDiRumah Bareng CIMSA Indonesia' sebagai upaya melindungi diri sendiri, keluarga, dan upaya penurunan kurva positif Covid 19; serta 'Pulihkan Indonesia dengan #SeruDiRumah Bareng AMSA Indonesia sebagai upaya melindungi diri sendiri, keluarga, dan upaya penurunan kurva positif Covid 19. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline