Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Gamelan bersama Ki Erwin yang Diikuti Mahasiswa KKN-P UMSIDA di Desa Candiwates, Pasuruan

Diperbarui: 6 Februari 2023   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Selasa, (31/1/2023) Mahasiswa KKN-P dari kelompok 7 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) tahun 2023 melaksanakan program kegiatan sosial budaya yaitu mengikuti pelatihan gamelan yang ada di desa Candiwates, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB. Sebelum dimulai pelatihan, mahasiswa KKN-P melihat beberapa siswa pelatihan memainkan alat musik tradisional tersebut dengan panduan Ki Erwin selaku pelatih. Kegiatan ini diikuti oleh 10 mahasiswa Universitas Muhammadiyah guna menjalankan program kerjanya di salah satu bidang yaitu sosial budaya. Pelatihan ini berguna untuk mahasiswa agar mengenal bagaimana budaya yang ada di desa Candiwates tersebut.

Setelah siswa pelatihan selesai berlatih, satu persatu mahasiswa mulai diarahkan oleh Ki Erwin untuk memegang satu alat musik tradisional dan berlatih secara bersamaan. 10 mahasiswa tersebut nampak bersemangat mengikuti pelatihan gamelan. "Saya berharap bisa terus belajar gamelan meskipun sudah tidak KKN lagi. Sejujurnya ini adalah pertama kali saya berlatih gamelan ini dan saya sangat tertarik untuk belajar lagi" ucap salah satu mahasiswa yang mengikuti pelatihan gamelan di desa Candiwates.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline