Lokasi : SMA N 5 PURWOKERTO
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Penulis : Riska Widyastuti
Tanggal : 14 November 2022
Situasi :
LK 1.1. Pada Kolom Analisis Identifikasi Masalah
Kondisi latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
- Peserta didik tidak semangat dalam mengikuti KBM yang berkaitan dengan teks (motivasi membaca sangat rendah);
- Guru belum bisa menetukan metode dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan materi (monoton);
- Peserta didik pada saat kegiatan literasi tidak antusias membaca teks yang terlalu banyak, pojok baca di kelas tidak digunakan sebagaimana mestinya dan juga perpustakaan sekolah yang sepi.
Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena :
- Dengan menerapkan model (PBL) dan metode pembelajaran yang bervariasi diharapkan peserta didik lebih aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
- Penggunaan media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian siswa dan tidak membosankan.
- Proses pembelajaran lebih terstruktur.
- Saat proses pembelajaran berlangsung siswa lebih fokus.
- Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan (siswa lebih antusias dalam membaca teks atau menyusun teks).
Peran dan tanggung jawab guru dalam praktik ini adalah guru sebagai fasilitator dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, merangsang siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran ketika sedang berlangsung, dan memberikan motivasi kepada siswa agar tidak mudah putus asa dan semangat dalam belajar.
Tantangan :
LK 1.2. Pada Kolom Analisis Ekplorasi Penyebab Masalah