Lihat ke Halaman Asli

Riska Ristiana

Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Konsep Dasar Pengelolaan Peserta Didik Sekolah Islam Terpadu

Diperbarui: 13 November 2024   06:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1. Makna dan Hakikat Pengelolaan pesertadidik Sekolah Islam Terpadu

Ada 2 makna Manajemen peserta didik menurut Mujahidin,E,dkk yaitu : (1) sebagai usaha mengelola peserta didik dari masuk hingga lulus madrasah, dan (2) sebagai proses pencatatan peserta didik dari penerimaan hingga mereka selesai dan meninggalkan madrasah.

Pada Hakikatnya Manajemen peserta didik adalah pengaturan semua aktivitas yang berhubungan dengan peserta didik, dari saat mereka masuk hingga keluar dari suatu madrasah atau lembaga. Jika diterapkan di Sekolah Islam Terpadu, pengertian ini berarti pengaturan aktivitas peserta didik mulai dari mereka masuk hingga lulus dari sekolah tersebut. 

Sekolah Islam Terpadu bertujuan menjadi tempat bagi peserta didik untuk mengembangkan diri secara maksimal, baik dalam aspek pribadi, sosial, agama, aspirasi, kebutuhan, dan potensi lainnya, dengan tujuan utama meraih keridhaan Allah SWT di dunia dan akhirat.

Program kegiatan manajemen peserta didik di Sekolah Islam Terpadu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik dalam bidang kognitif, afektif, dan psikomotor, serta minat dan bakat mereka.

2. Fungsi dan Tujuan Pengelolaan Peserta Didik di Sekolah Islam Terpadu   

Fungsi manajemen peserta didik secara khusus yaitu :

a. Fungsi yang berkaitan dengan pengembangan diri peserta didik bertujuan agar mereka bisa mengembangkan potensi mereka dengan baik. Potensi ini meliputi kecerdasan, bakat khusus, dan kemampuan lainnya.

b. Fungsi yang berhubungan dengan pengembangan sosial peserta didik bertujuan agar mereka bisa bersosialisasi dengan teman, keluarga, dan orang di sekitar madrasah serta masyarakat. Ini penting karena peserta didik adalah makhluk sosial.

c. Fungsi yang terkait dengan penyaluran minat dan harapan peserta didik bertujuan agar hobi dan kesenangan mereka bisa tersalurkan. Hal ini penting untuk membantu perkembangan diri mereka.

d. Fungsi yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan peserta didik bertujuan agar mereka hidup sejahtera

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline