“Kalau kamu bisa dapat ranking 1, mama bakal ngasih apapun yang kamu minta”
“Nak, kalau kamu bisa jadi juara, papa akan ngajak kamu jalan-jalan”
‘Dek, nanti kalau kamu dapet nilai 100, ayah beliin kamu mainan baru ya, atau sepeda baru? Adek pilih yang mana?”
Mana yang sering Anda lakukan?
Sebagai pemicu semangat anak dalam meraih prestasi, sebagian besar orang tua akan memberikan iming-iming hadiah. Mainan baru, ponsel baru, baju baru, sepeda baru, dan apapun yang serba baru. Hal tersebut wajar karena sebuah hadiah merupakan wujud apresiasi kita terhadap anak-anak yang telah berusaha sedemikian rupa sehingga mereka bisa menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab mereka dengan baik. Akan tetapi, pagi ini saya menemui sesuatu yang baru.
Di saat saya sedang memasukkan data buku induk ke dalam komputer, segerombol anak kelas 2 SD datang ke perpustakaan didampingi oleh seorang guru Matematika. Sembari anak-anak mengisi buku pengunjung, guru Matematika tersebut menjelaskan bahwa beliau mengajak murid-murid ke perpustakaan dan mengizinkan mereka membaca buku apapun yang diinginkan sebagai hadiah karena mereka berhasil mendapat hasil baik dalam ulangan Matematika. Apresiasi yang luar biasa, bukan? Lebih mengejutkan lagi, beberapa menit kemudian, guru Matematika tersebut mengambil salah satu buku, lalu membacakan isi buku tersebut kepada murid-muridnya. Buku itu berjudul Weird But True, buku yang berisi kumpulan pengetahuan mengenai fakta-fakta unik.
Dari situ, saya berpikir, bukankah yang dilakukan guru Matematika tersebut sungguh fenomena yang langka? Bukankan yang dilakukan guru Matematika tersebut sangatlah positif untuk meningkatkan minat baca anak?
Luar biasa.
Anak-anak mana yang tidak senang kalau pelajaran hari itu kosong? Anak-anak mana yang tidak bosan dengan suasana belajar yang monoton: di kelas, mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan tugas, selesai. Selesai tanpa kesan. Tapi guru Matematika tadi memberikan suasana baru kepada para muridnya. Mereka dibebaskan dari pelajaran Matematika, tetapi bukan pembebasan secara liar. Beliau tetap membagi pengetahuan baru bagi mereka melalui buku dari perpustakaan. Lebih menggembirakan lagi karena ternyata para murid sangat antusias.
Mengajak anak ke perpustakaan dan membiarkan mereka membaca buku sebagai hadiah merupakan ide yang menarik dan memiliki banyak sisi positif.
Hadiah yang Hemat