Lihat ke Halaman Asli

Riska Puspita

Guru SMPN 4 Cikarang Utara Kab. Bekasi

Terampil Menulis Resume

Diperbarui: 21 Oktober 2023   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wa Grup KBMN Gelombang 30

Tema               : Teknik Penulisan Resume

Pemateri         : Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd

Resume artinya ringkasan atau rangkuman. Resume biasanya merupakan kompresi dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang dan berisikan intisari atau pokok-pokok informasi dengan tanpa menghilangkan detail atau bagian penting dari tulisan tersebut. Penulisan resume bertujuan untuk menyediakan gambaran umum tentang sebuah tulisan asli tanpa kehilangan substansi pentingnya. Pada umumnya sebuah resume mencakup informasi-informasi berikut:

1. Judul materi dan nama narasumber

2. Ringkasan singkat tentang tema utama dari materi

3. Bagian-bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume

Ada beberapa cara atau aturan yang harus diperhatikan ketika menulis sebuah resume dengan benar:

  • Amati materi dari narasumber dengan baik. Tentu sebelum kita membuat resume kita harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana gambaran secara umum materi yang disampaikan oleh narasumber
  • Modifikasi materi yang telah diberikan oleh Narasumber itu menggunakan bahasa sendiri atau dengan kata lain kita paraphrase sesuai dengan kaidah penulisan yang baku
  • Hindari copy paste seluruh materi narasumber, karena hal ini akan memicu tindakan plagiarisme. Tulis pernyataan dari narasumber itu dengan gaya paraphrase atau kalimat pengulangan yang dikemas dengan gaya bahasa sendiri.
  • Perkaya materi yang disampaikan oleh narasumber dengan relevansi materi dari luar yang masih terdapat kaitannya. Kita juga bisa menambahkan referensi dari sumber-sumber lain baik itu dari buku, jurnal maupun dari pendapat narasumber yang lainnya selama materi tersebut related dengan materi yang sedang kita resume
  • Sertakan kesimpulan di akhir penjabaran resume sebelum kalimat penutup. Kesimpulan ini harus merangkum poin-poin utama yang telah dibahas dalam materi.
  • Buatlah resume dengan gaya bahasa sendiri agar tulisan resume kita memiliki sebuah ciri khas

Dalam kegiatan KBMN gelombang 30 menulis resume menjadi salah satu prasyarat kelulusan di mana setiap peserta diwajibkan untuk menuliskan resume dari setiap materi yang dipaparkan oleh narasumber di setiap pertemuannya. Biasanya para peserta berlomba-lomba untuk menyelesaikan resume lebih dulu dengan harapan resume tersebut lebih banyak kesempatan untuk dibaca oleh narasumber maupun peserta lainnya. Oleh karena itu Ibu Raliyanti juga menyampaikan tips dan trik menulis resume dengan cepat yaitu:

  • Menyiapkan diri sebelum pemberian materi dimulai. Perlu setidaknya 10 menit sebelum pematerian kita sudah stand by dengan gawai yang digunakan untuk menyimak materi, kalau perlu siapkan juga laptop atau perangkat pendukung lainnya agar saat materi sudah dimulai bisa langsung membuat resume.
  • Tulislah narasi pembuka dan penutup yang related dengan materi akan disampaikan oleh narasumber gaya bahasa sendiri. Hal ini bisa dilakukan agar menambah efektivtas dalam penulisan resume
  • Buatlah tulisan resume dalam bentuk paragraf-paragraf pendek
  • Tuliskan pernyataan dari nasaumber dengan gaya bahasa paralelisme yaitu pengulangan yang dikemas dengan gaya bahasa sendiri yang memiliki arti yang masih sama.

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam menulis resume terdapat kaidah-kaidah yang harus diikuti sebagaiamana jenis tulisan-tulisan lainnya. Menulis resume bisa menjadi titik awal bagi penulis pemula yang sedang ingin belajar menulis sebelum pada akhirnya membuahkan tulisan-tulisan panjang dengan gagasan sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline