Lihat ke Halaman Asli

Dr.Riska Pristiani

Universitas Negeri Malang

Penelitian: Pengembangan Konten LMS PPG untuk Meningkatkan Literasi Keuangan dan Self-Efficacy Siswa SD

Diperbarui: 3 Desember 2024   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Financial Literacy (sumber : freepik) 

Malang, 3 Desember 2024 -- Sebuah penelitian inovatif berhasil mengembangkan konten Learning Management System (LMS) Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang berfokus pada literasi keuangan dan self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk membantu calon guru memberikan pembelajaran keuangan yang menarik dan relevan bagi siswa Sekolah Dasar (SD), serta mendorong perilaku pengelolaan keuangan yang bijak sejak usia dini.

Tantangan dan Latar Belakang

Pendidikan keuangan di tingkat SD sering kali terhambat oleh metode pengajaran yang kurang interaktif dan materi pembelajaran yang minim. Literasi keuangan, sebagai keterampilan penting dalam pengelolaan sumber daya pribadi, menjadi perhatian utama karena rendahnya tingkat pemahaman siswa. Di sisi lain, self-efficacy atau kepercayaan diri siswa dalam mencapai tujuan finansial juga belum banyak mendapat perhatian.

Penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan metode pembelajaran inovatif yang dapat menjawab tantangan tersebut. Dengan mengintegrasikan lima elemen utama---video, infografik, cerita, kuis, dan simulasi pengelolaan keuangan---konten LMS yang dikembangkan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi siswa.

literasi keuangan dan self-efficacy calon guru     (sumber: freepik)

Tujuan dan Manfaat

Penelitian ini dirancang untuk:

  1. Menghasilkan konten LMS PPG yang interaktif dan mendukung pembelajaran literasi keuangan.
  2. Membantu siswa SD memahami konsep pengelolaan keuangan, seperti membuat anggaran, menabung, dan membedakan kebutuhan dari keinginan.
  3. Meningkatkan self-efficacy siswa dalam menghadapi keputusan keuangan di kehidupan sehari-hari.

Calon guru yang terlibat dalam penelitian ini juga dilatih menggunakan LMS tersebut, sehingga mampu menyampaikan materi keuangan dengan cara yang lebih kreatif dan relevan.

Hasil Penelitian

Uji coba penggunaan konten LMS menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pemahaman siswa terhadap konsep literasi keuangan. Selain itu, siswa yang belajar melalui LMS ini menjadi lebih percaya diri dalam mengelola uang mereka, berkat pendekatan yang menanamkan nilai-nilai keuangan praktis sejak dini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline