Lihat ke Halaman Asli

Riska mulya

Mahasiswa

Bagaimana Giving dalam Pandangan Islam

Diperbarui: 6 Maret 2023   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Giving atau memberi yang disyariatkan islam melalui kewajiban zakat serta anjuran infaq dan juga sedekah,yang dimana memberi itu dalam pandangan islam dianggap sebagai akhlak kharimah atau akhlak yang sangat mulia.

Seperti yang terdapat dalam surah al-hadid  :

"sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada allah dengan pinjaman yang baik akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia."

Seperti istilah yaitu "tangan yang meberi lebih baik daripada tangan yang meminta" maksudnya yaitu lebih baik kita bersedekah daripada kita meminta.karena dalam islam sebenarnya jika kita memberi sesuatu kepada orang maka barang tersebut akan dikembalikan atau digantikan oleh allah swt dengan kualitas yang berbeda dari barang yang telah kita sedekahkan tersebut.

Memberi bukan hanya untuk bersedekah tetapi bisa juga menjadi tolak ukur dalam melihat rasa sosialisasi kita terhadap orang lain.

Memberi atau bersedekah itu sebenarnya bukan hanya membantu orang lain sebenarnya kita juga membantu diri kita sendiri untuk menambah pahala dan membuat diri dan kehidupan kita didunia lebih baik dan bahagia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline