Lihat ke Halaman Asli

Tim II KKN Undip Menyongsong Bebas Stunting Melalui Susu Kacang Kedelai

Diperbarui: 14 Agustus 2023   00:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam upaya mendukung gizi anak dan mencegah terjadinya stunting, Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2023 mengambil inisiatif dalam produksi susu kacang kedelai yang bernutrisi tinggi bagi masyarakat Desa Purwosari, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 

Kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya Tim II KKN Undip 2023 untuk memberdayakan masyarakat desa dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas gizi anak di wilayah tersebut.Stunting, yaitu kondisi gagal tumbuh yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam masa pertumbuhan, merupakan masalah serius yang banyak dihadapi oleh anak-anak di daerah pedesaan. Untuk mengatasi permasalahan ini, Tim II KKN Undip 2023 melihat peluang dalam pemanfaatan kacang kedelai yang kaya protein dan gizinya sebagai alternatif dalam meningkatkan asupan gizi anak.

Melalui penelitian dan kolaborasi dengan masyarakat setempat, Tim II KKN Undip 2023 mengidentifikasi potensi produksi susu kacang kedelai sebagai solusi yang efektif dalam mengatasi masalah gizi di desa tersebut. Kacang kedelai merupakan bahan pangan yang mudah didapat dan terjangkau, sehingga produksi susu kacang kedelai dapat menjadi pilihan yang tepat dan ekonomis bagi masyarakat Desa Purwosari.

Kegiatan produksi susu kacang kedelai tersebut diawali dengan penyuluhan dan pelatihan bagi ibu-ibu di desa mengenai manfaat dan cara pembuatan susu kacang kedelai yang baik dan higienis. Tim II KKN Undip 2023 memberikan pengetahuan tentang nutrisi kacang kedelai dan proses produksi susu kacang kedelai yang tepat. Selain itu, Tim KKN juga membantu dalam pengadaan peralatan dan bahan baku untuk produksi susu kacang kedelai.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat desa dapat memiliki alternatif pangan yang sehat dan bergizi tinggi, khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Susu kacang kedelai dapat menjadi kontribusi positif dalam meningkatkan gizi anak dan mencegah terjadinya stunting di Desa Purwosari," ujar Riska koordinator program kerja pembuatan susu kacang kedelai Tim II KKN Undip 2023.

Dalam sepekan setelah pelatihan, para ibu di Desa Purwosari telah mampu memproduksi susu kacang kedelai dengan baik dan telah menyalurkannya kepada anak-anak di desa. Tanggapan positif pun datang dari para ibu dan warga masyarakat yang merasakan manfaatnya. Selain itu, produksi susu kacang kedelai juga memberikan dampak ekonomis, karena para ibu dapat menjual produk tersebut dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Kepala Desa Purwosari, Bapak Teguh, menyambut baik inisiatif Tim II KKN Undip 2023 dalam meningkatkan gizi anak dan mencegah stunting. "Kami berterima kasih atas dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh Tim KKN Undip. Upaya ini membantu masyarakat desa dalam mencapai kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik," kata Bapak Teguh.

Dengan semangat dan kerjasama, Tim II KKN Undip 2023 berhasil memberdayakan masyarakat Desa Purwosari melalui produksi susu kacang kedelai yang bernutrisi tinggi. Melalui kegiatan ini, diharapkan gizi anak dapat terpenuhi dengan baik, dan masalah stunting dapat diatasi secara efektif di desa tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline