Lihat ke Halaman Asli

Kemajuan Teknologi di Era Society, SDM Indonesia Siap?

Diperbarui: 18 November 2021   13:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Society 5.0 merupakan konsep yang digagas oleh Jepang. Hal ini karena kita semua pasti menyadari bahwa seiring berjalannya waktu teknologi akan berkembang dan mengalami kemajuan. Konsep 5.0 ini memungkinkan kita untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan yang berbasis modern untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya. 

Konsep industri 4.0 dan Society 5.0 sebenarnya mirip akan tetapi konsep society terfokus atau menitikberatkan pada konsep manusia. Konsep society sebenarnya merupakan konsep yang menyempurkan konsep-konsep yang telah ada sebelumnya.

Society 5.0 era pada saat semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri,internet yang ada tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi tetapi juga untuk menjalankan kehidupan. 

Hal ini sangat mungkin dan bahkan pasti terjadi karena seperti yang dapat kita amati sekarang,teknologi yang ada semakin berkembang dengan sangat pesat,di negara-negara maju khususnya.
lantas apakah Indonesia akan terkena imbas dari adanya konsep society 5.0 ini? 

Jawabnya sudah jelas tentu akan sangat terpengaruh karena sudah pasti suatu bangsa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kualitas serta mempermudah segala aktifitas bangsanya. Suatu bangsa akan dengan mudah mengalami perkembangan jika mereka mampu beradaptasi sesuai dengan lingkungan dan jamannya. 

Seperti yang kita tahu bersama bahwa Indonesia sebenarnya sudah menggunakan teknologi yang cukup modern selama ini,baik dalam bidang industri,ekonomi,kesehatan dan lainnya. Akan tetapi jika di bandingkan dengan negara maju seperti Jepang,teknologi yang digunakan di Indonesia tidak ada apa-apanya. 

Hal ini bukan hanya kurangnya dana yang ada untuk memproduksi alat-alat yang berbasis teknologi modern tetapi juga karena keterbatasan sumber daya yang ada untuk membuat dan memanfaatkan teknologi. 

Rendahnya sumber daya manusia sebenarnya bisa diatasi dengan pendidikan teori atau pun pengaplikasian secara langsung. Jika kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia tidak diperbaiki atau dikembangkan maka bangsa Indonesia akan kesulitan untuk beradaptasi apalagi bersaing dengan bangsa lain di era society 5.0




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline