Lihat ke Halaman Asli

Serunya Permainan "Yes or No" Berbasis Bahasa Indonesia dengan Siswa Siswi Kelas 2 di SDN 01 Gampingan

Diperbarui: 19 Juni 2024   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dalam era digital yang semakin canggih, permainan Yes or No berbasis bahasa Indonesia telah menjadi salah satu permainan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Permainan ini telah menarik banyak orang karena kesulitan dan keunikan yang di tawarkan. Permainan Yes or No berbasis bahasa Indonesia adalah permainan yang meminta pemain yang menjawab pertanyaan dengan hanya menjawab menggunakan dua kata, yaitu "ya atau tidak". Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan bisanya berupa pertanyaan yang sulit dan memerlukan pemahaman yang baik terhadap bahasa Indonesia.

Pada hari kamis tepatnya pada tanggal 2 Mei 2024 pukul 10.00 WIB mahasiswa unira malang telah melaksanakan kegiatan observasi atau pengabdian masyarakat kepada siswa-siswi SDN 01 Gampingan. Kegiatan ini diisi dengan pembelajaran dan juga diselingi dengan permainan "YES OR NO". Sasaran dari kegiatan ini yaitu siswa-siswi kelas 2 SDN 01 Gampingan. 

Kegiatan ini memiliki beberapa manfaat yang sangat beragam, salah satunya yaitu untuk melatih kemampuan Berkomunikasi dan kemampuan berfikir kritis pada siswa. Karena hal ini merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap para peserta didikdalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas.

Permainan ini sangat menarik karena bisa mengulas kembali materi bahasa Indonesia dengan baik. "Saya harus sangat berhati-hati dalam menjawab pertanyaan karena jika saya menjawab salah, maka saya akan kalah" ujar seorang siswa. Permainan ini juga juga telah menjadi salah satu permainan yang paling populer di kalangan pelajar. "saya sangat suka permainan ini karena memerlukan pemahaman yang baik terhadap bahasa Indonesia," kata salah satu siswa, seorang siswa SDN 01 Gampingan. 

"Saya juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia saya dengan bermain permainan ini," ujar salah satu siswa. Permainan Yes or No berbasis bahasa Indonesia telah menjadi salah satu permainan yang paling populer di kalangan masyarakat terutama pada anak sekolah dasar. Siswa-siswi sangat antusias terhadap permainan ini.

Kegiatan observasi atau pengabdian masyarakat ini oleh mahasiswa unira malang dapat menjadi sorotan bagi siswa-siswi lainnya dan dapat sambutan hangat dari guru kelas 2 SDN 01 Gampingan.

Bu Azizah, Selaku wali kelas 2 SDN 01 Gampingan, mengungkap ucapan terimakasih terhadap inisiatif oleh mahasiswa unira malang dalam membantu meningkatkan efektivitas belajar siswa di SDN 01 Gampingan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline