Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang Melakukan Pelatihan Skill di Desa Tamelang

Diperbarui: 14 Juli 2023   08:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kegiatan pelaihan bross dan gantungan kunci dari kain flanel, dok. pribadi

Mahasiswa KKN universitas buana perjuangan karawang yang berada di wilayah desa tamelang dengan penuh antusias mengadakan pelatihan pemberdayaan perempuan, kegiatan tersebut dilakukan pada hari kamis tanggal 13 juli 2023 dan berlokasi di aula kantor kepala desa tamelang, adapun acaranya adalah melakukan pelatihan pembuatan kerajinan tangan yang berupa bross maupun gantungan kunci dengan bahan kain flanel.

Acara ini diadakan untuk memberikan pelatihan kepada ibu-ibu di lingkungan desa tamelang dengan tujuan utama penuntasan SGDs desa yaitu kesetaraan gender karena dengan adanya pelatihan ini perempuan di desa tamelang juga dapat memiliki keterampilan dan dapat dijadikan lahan untuk mencari uang sehingga perempuan juga dapat bekerja dari rumah dengan mengaplikasikan kreatifitas mereka, tanpa meninggalkan kewajiban mereka di rumah.

"saya sangat senang dengan diadakannya pelatihan ini saya dapat menambah keahlian baru serta saya dapat mengaplikasikan keterampilan yang saya miliki." kata ibu-ibu yang menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Dok. pribadi

Mereka merasa kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan karena para perempuan di desa tamelang yang kebanyakan adalah ibu rumah tangga akan sangat senang jika dilatih dan memiliki skill supaya mereka bisa membantu perekonomian keluarga meskipun mereka tetap berada di rumah.

Mahasiswa Universitas Buana Peruangan karawang yang sedang melakukan kegiatan KKN di desa tamelang juga merasa bahwa warga masyarakat yang ada di tamelang sangat membutuhkan banyak pelatihan untuk menambah skill supaya tidak bergantung pada pekerjaan sebagai karyawan pabrik yang ketika pabriknya tutup mereka akan menganggur dan bingung dalam membantu perekonomian keluarga.

Mahasiswa juga berharap jika pelatihan-pelatihan pengembangan skill ini dapat dilanjutkan lagi oleh pemerintah desa sehingga masyarakat tamelang khususnya dapat memiliki skill yang mumpuni untuk mendirikan usaha kecil yang bisa membantu perekonomian keluarga .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline