Lihat ke Halaman Asli

Riska Ayu Wulandari

Mahasiswa UNS

Mahasiswa UNS Bantu Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Diperbarui: 29 Januari 2021   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

(BEKASI, 23 Juni 2020) Pandemi covid-19 yang sedang terjadi saat ini tidak menghalangi mahasiswa UNS untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Namun, pelaksanaan KKN di tengah pandemi ini berbeda dengan kegiatan sebelum-sebelumnya sebab dilakukan secara individu di lingkungan rumah masing-masing mahasiswa dengan tetap mematuhi protocol Kesehatan covid-19 yang berlaku. Kegiatan KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 ini lebih difokuskan pada pendampingan masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19 serta bertujuan untuk membantu pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Riska Ayu Wulandari, Mahasiswa Fisika UNS mengatakan ia melaksanakan KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 dimulai tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2020 di Perumahan Griya Asri 2 RT 004 RW 024, Sumber Jaya, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat.Ketika ditanya soal suka dukanya selama melaksanakan KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19, mahasiswa yang kini duduk di semester 6 Fisika UNS itu mengaku program kerja yang diusung sesuai dengan kebutuhan masyarakat karena mengenal dengan baik kondisi lingkungan sekitarnya. Namun begitu, ia mengaku sedih karena tidak dapat berbaur dengan masyarakat sekitar seperti kegiatan KKN saat kondisi normal. “Sukanya mungkin karena saya sudah mengetahui kondisi lingkungan disini jadi dapat membuat program kerja yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, dukanya saya dan mungkin teman-teman KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 yang lain tidak dapat memperoleh pengalaman KKN seperti pada umumnya sehingga kami cenderung merasa bukan sebagai peserta KKN pada umumnya melainkan seorang relawan,” ungkapnya.

Dari pengakuannya, pada pelaksanaan KKN ini ia mengusung tema Supporting pemahaman masyarakat terhadap Covid-19. Adapun program kerja yang dilaksanakan seperti sosialisasi pentingnya penggunaan masker, sosialisasi pentingnya cuci tangan, sosialisasi cara menggunakan handsanitizer yang baik dan benar, dan pengaktifan lumbung pangan masyarakat. Kegiatan KKN yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan dari berbagai pihak. “Saya sangat bersyukur karena hal tersebut dapat terwujud berkat dukungan dari masyarakat sekitar, teman-teman KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 serta Bapak Muhtar selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Semoga dengan adanya kegiatan KKN ini, semakin banyak masyarakat yang dapat memahami dengan baik tentang kondisi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan siap dalam menghadapinya,” ujar Wulan mengakhiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline